Nursya Ilahi, Dini (2020) Penerapan metode pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran pemahaman membaca pada siswa kelas X MA NW Narmada. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Dini Nursya Ilahi 160107128 jadi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Cooperative Learning dalam pembelajaran pemahaman membaca pada siswa kelas X MA NW Narmada dan untuk mengetahui hasil penelitian penerapan masing-masing metode Cooperative Learning yaitu Paired read Number Head Together, dan Thinking. -pair-share yang digunakan oleh guru bahasa Inggris dalam mengajar pelajaran bahasa Inggris terutama pemahaman membaca. Subyek penelitian ini adalah guru bahasa Inggris siswa kelas 10 MA NW Narmada. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh dari hasil observasi langsung dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti selama kegiatan penelitian berlangsung. Data berupa catatan lapangan, transkrip wawancara, dan foto. Penggunaan metode Pembelajaran Kooperatif terbukti efektif dalam mengajar pelajaran Bahasa Inggris khususnya pemahaman bacaan. Penelitian ini menerapkan teknik triangulasi untuk mendukung kredibilitas data. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan model interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yaitu: reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di antara ketiga metode Cooperative Learning (Paired Read, Think-pair-share, dan Number Head) digunakan dalam pengajaran membaca pemahaman. Dengan demikian, hasil penerapan metode ini membawa manfaat bagi siswa dan meningkatkan kemampuan dan prestasi mereka dan membawa hasil yang baik dalam proses pembelajaran terutama dalam penerapan presentasi kelas dan keterampilan pemahaman siswa terhadap teks bacaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode Cooperative Learning; pemahaman membaca
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 08 Mar 2023 02:04
Last Modified: 08 Mar 2023 02:04
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3901

Actions (login required)

View Item View Item