Wardana, Puri (2022) Program Menghafal Al-Qur'an di Pondok Pesantren Tahfi-Zh Da-Rul Qur'a-N Nyerot (Studi Analisis The Living Qur'an). Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Puri Wardana 180601031.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan menghafal al-Qur'an yang sangat popular pada zaman ini. Sehingga kegiatan ini banyak dijumpai di lembaga-lembaga pondok pesantren. Banyak dari lembaga- lembaga pondok pesantren menerapkan program menghafal al-Qur'an dengan tujuan mencetak generasi yang selalu memegang teguh al-Qur'an di setiap kehidupannya. Ketertarikan peneliti terhadap kegiatan ini, membuat keinginan untuk melakukan penelitian tentang program menghafal al-Qur'an Pondok Pesantren Tahfizh Da rul Qur'a n Nyerot. Pondok Pesantren ini adalah sebuah lembaga yang termasuk lembaga muda yang menerapkan program menghafal al-Qur'an. Akan tetapi, walaupun Pondok Pesantren ini adalah lembaga baru, para santriwan dan santriwati di Pondok ini memiliki hafalan yang sangat berkualitas. Hal ini dipengaruhi oleh adanya program-program menghafal yang diterapkan oleh lembaga. Banyak program hafalan yang diterapkan, mulai dari khataman al-Qur'an yang diadakan sekali dalam seminggu, muraja'ah dan sima'an. Program-program tersebut sangat membantu dalam meningkatkan kualitas hafalan para santriwan dan santriwati. Dengan latar belakang di atas, peneliti merumuskan beberapa rumusan masalah: 1) Apa saja program menghafal al-Qur'an di Pondok Pesantren Tahfi zh Darul Qur'a n Nyerot? 2) Metode apa saja yang digunakan dalam menghafal al-Qur'an di Pondok Pesantren Tahfi zh Da rul Qur'a n Nyerot?. Tujuan dari penelitian ini ialah: (1) untuk mengetahui bentuk program menghafal al-Qur'an di Pondok Pesantren Tahfiz h Da rul Qur'a n" "Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian lapangan yang dimana peneliti terjun langsung ke lokasi penelitian guna menemukan data yang akurat dan tepat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif karena data yang terkumpul berupa gambar-gambar dan bukan angka-angka. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara , observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data bersifat induktif, peneliti mengumpulkan data-data yang di peroleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian mengolahnya sehingga dapat melengkapi penelitain ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Program menghafal al- Qur'an di Pondok Pesantren Tahfiz- h Da-rul Qur'a-n Nyerot memiliki program khataman Qur'an, Mura}a'ah dan Sima'an.(2) Metode yang digunakan santri dalam menghafal al-Qur'an di pondok Pesantren Tahfiz- h Da-rul Qur'a-n Nyerot bahwa metode yang diterapkan dilembaga ini adalah metode wahdah dan metode takri-r. 3) kelebihan dari metode ini adalah tercapainya target hafalan setiap kelas dan kekurangan metode ini adalah beberapa santri terdapat santri yang sulit masuk hafalannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: program Menghafal Al-Qur'an; Metode Menghafal Al- Qur'an"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Jurusan Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 06 Mar 2023 04:25
Last Modified: 06 Mar 2023 04:25
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3885

Actions (login required)

View Item View Item