Septina Mirantika, Mazi (2023) Pembelajaran bunyi pada siswa kelas sepuluh di MA Ittihadul Bayan Sekotong Tengah Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Mazi Septina Mirantika 190102014.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
INDONESIA Terdapat 33 peserta didik kelas sepuluh di Madrasah Aliyah Ittihadul Bayan dengan latar belakang pendidikan yang berbeda, 11 siswa alumni SMP dan 22 siswa alumni Mts. Tidak sedikit dari mereka yang mampu mendengar bunyi ujaran-ujaran bahasa arab yang diucapkan oleh penutur asli arab maupun non arab dengan baik, dikarenakan kurangnya pemahaman peserta didik terhadap simbol bunyi suatu huruf sehingga terjadi ketidaksesuaian antara apa yang diujarkan dengan apa yang didengar dan hal ini akan mengakibatkan perubahan makna pada kata maupun kalimat yang disampaikan, karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui(1) perencanaan pembelajaran bunyi pada siswa kelas sepuluh di MA Ittihadul Bayan Sekotong Tengah, (2) pelaksanaan pembelajaran bunyi pada siswa kelas sepuluh di MA Ittihadul Bayan Sekotong Tengah, Dan (3) implikasi pembelajaran bunyi pada siswa kelas sepuluh di MA Ittihadul Bayan Sekotong Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang siswa kelas sepuluh di Madrasah Aliyah Ittihadul Bayan Sekotong Tengah. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Pada penelitian ini juga teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penyimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, proses pembelajaran bunyi di kelas sepuluh Madrasah Aliyah Ittihadul Bayan dapat dikatakan cukup baik, dikarenakan metode dan pilihan media yang digunakan saat pelaksanaan pembelajaran bunyi sudah sesuai dengan minat siswa sehingga meningkatkan gairah belajar mereka khususnya dalam belajar bunyi bahasa arab, meskipun masih terdapat sebagian siswa yang masih kesulitan dalam melafalkan bunyi huruf arab pada saat proses pembelajaran bunyi, sebagian besar siswa mengalami kesulitan pada bunyi ujaran huruf yang jalan keluarnya hampir sama atau berdekatan serta masih keliru pada bunyi panjang pendek huruf. Kemudian, berdasarkan permasalahan yang dihadapi siswa tersebut solusi untuk mengatasinya salah satunya adalah dengan cara peneliti menggunakan metode pengulangan individu yaitu guru menjelaskan terlebih dahulu terkait materi pembelajaran bunyi dengan memperhatikan ketepatan pelafalan bunyi huruf secara berulang, kemudian meminta siswa untuk mengikutinya secara berulang ketika proses pembelajaran bunyi berlangsung yang bertujuan untuk memudahkan siswa dalam memahami dan melafalkan bunyi huruf yang jalan keluarnya hampir sama atau berdekatan.
Actions (login required)
![]() |
View Item |