Khairunnisa, Khairunnisa (2023) Pengaruh minat membaca terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas V SDN 1 Mura Sumbawa Barat Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Khairunnisa 180106119.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
INDONESIA "Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perhatian penulis terhadap minat membaca siswa, banyak siswa yang masih belum menguasai keterampilan membaca. Siswa belum dapat memahami isi bacaan dan informasi- informasi apa saja yang yang terdapat dalam suatu bacaan. Tinggi rendahnya minat membaca pada siswa mengakibatkan perbedaan kosakata, pengetahuan kosakata berpengaruh terhadap keteerampilan menulis siswa. Siswa yang pengetahuan kosakatanya rendah cenderung mengalami kesulitan saat diberikan tugas menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh minat membaca terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas V SDN 1 Mura tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu minat membaca (X) dan keterampilan menulis narasi (Y). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini menggunakan angket. Instrumen angket digunakan untuk mengetahui sejauh mana minat membaca siswa sedangkan untuk keterampilan menulis narasi menggunakan metode tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN 1 Mura yang berjumlah 28 orang siswa dengan jumlah sampel 28 orang yang diambil secara keseluruhan menggunakan total sampling yaitu jenis sampel total. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji linieritas. Uji hipotesis menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji korelasi person product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara minat membaca siswa terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas V SDN 1 Mura tahun ajaran 2021/2022. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis data diperoleh Fhitung = 0,383 dan Ftabel = 0,374 pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | minat Membaca; Keterampilan Menulis Narasi; Sekolah Dasar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | H Nabil udin |
Date Deposited: | 02 Mar 2023 07:55 |
Last Modified: | 02 Mar 2023 07:55 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3851 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |