Julfa, Julfa (2023) Pengaruh kebiasaan bermain game online terhadap perilaku belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam UIN Mataram Angkatan 2020. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
JULFA 180101067.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatar belakangi oleh mahasiswa yang kebiasaan bermain game online akan mempengaruhi tingkat konsentrasi belajar seseorang dan berdampak pada mahasiswa malas mengerjakan tugas kuliah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kebiasaan bermain game online terhadap perilaku belajar mahasiswa jurusan pendidikan agama islam universitas islam negeri mataram angkatan 2020. Fokus yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh kebiasaan bermain game online terhadap perilaku belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional atau penelitian korelasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, wawancara, dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 150 mahasiswa dengan jumlah sampel sebanyak 60 responden. Data yang diperoleh berupa skor kebiasaan bermain game online (variabel X) dan perilaku belajar mahasiswa (variabel Y), kemudian di analisis dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji linieritas. Dalam pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji regresi linier sederhana menggunakan aplikasi SPSS versi 16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai signifikan pada tabel anova yaitu 0,465 > 0,05 sehingga data penelitian ini dapat diketahui bahwa ditolak dan diterima, jadi terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kebiasaan bermain game online (variabel X) terhadap perilaku belajar mahasiswa (variabel Y) tergolong rendah. Hal ini terlihat dari nilai koefisien determinasi sebanyak 9% artinya pengaruh variabel x dan y sebesar 91% dan sisanyadipengaruhi faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kebiasaan Bermain Game Online; Perilaku Belajar; Kuantitatif
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 02 Mar 2023 07:21
Last Modified: 02 Mar 2023 07:21
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3850

Actions (login required)

View Item View Item