Ananda, Maya (2022) Pengaruh metode mengajar guru terhadap motivasi membaca pemahaman siswa kelas IV pada mata pelajaran bahasa indonesia di MIN 1 Kota Mataram Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
MAYA ANANDA (170106091).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA "Membaca merupakan salah satu tuntutan dalam kehidupan masyarakat modern. Membaca ialah sebuah aktivitas yang sangat tidak asing lagi bagi masyarakat, bahkan kegiatan membaca sudah dikenal sejak usia dini. Membaca menjadi sebuah kebutuhan serta tuntutan yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode mengajar guru terhadap motivasi membaca siswa kelas IV pada mata pelajaran bahasa Indonesia di MIN 1 Mataram tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini merupakan expostfakto dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah angket yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Adapun sampel yang digunakan yang digunakan sejumlah 35 siswa. Dan alat analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis ialah menggunakan regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode mengajar guru terhadap motivasi membaca pemahaman siswa kelas IV pada mata pelajaran bahasa Indonesia di MIN 1 Mataram. Dimana nilai signifikansi 0,000 < 0,05 atau atau thitung (3,063) > ttabel (2,093) dengan taraf signifikan 0,05 (5%). Adapun kontribusi metode mengajar guru terhadap motivasi membaca pemahaman siswa dalam penelitian ini yaitu sebesar 7,3% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode mengajar guru; Motivasi membaca pemahaman
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130301 Indonesian Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 02 Mar 2023 03:23
Last Modified: 02 Mar 2023 03:23
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3840

Actions (login required)

View Item View Item