Haniny, Marjanul (2023) Hubungan perilaku bullying dengan kemampuan interaksi sosial siswa di MI Raudlatusshibyyan NW Belencong Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
MARJANUL HANINY 160106126.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu proses untuk membentuk perilaku peserta didik kearah yang lebih baik, yang dalam prosesnya terdapat transfer ilmu dan transfer nilai. Pendidikan juga merupakan suatu kebutuhan bagi semua orang agar mampu mengembangkan potensi peserta didik. Apabila setiap anak dapat berinteraksi dengan baik dengan orang-orang di sekitarnya maka proses perkembangan sikap interaksi sosial anak dapat semakin terasah, sehingga anak tidak terkucilkan dalam lingkungan sosial di sekitarnya. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perilaku bullying dengan kemampuan interaksi sosial siswa di MI Raudlatusshibyan NW Belencong tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif jenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa yang ada dikelas 3,4.5.dan 6. Dengan jumlah siswa 181 sedangkan sampel pada penelitian ini berjumlah 40 orang siswa yang diambil dari kelas yang berbeda dengan teknik simple ranndom sampling. penelitian ini dilaksanakan di MI Raudlatusshibyan NW Belencong Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat. Instrumen yang dilakukan didalam penelitian ini yaitu angket untuk mengetahui perilaku bullying dengan kemampuan interaksi sosial siswa. Sebelum digunakan angket diuji validitas dan realibilitasnya. Analisis data menggunakan korelasi product moment yang sebelumnya diuji prasyarat normalitas dan liniearitas. Hasil analisis data menunjukan bahwa hasil perhitungan dibantu dengan aplikasi SPSS dapat dilihat pada Sig. (2-tailed) diperoleh nilai 0,500, berarti 0,500 < 0,05, artinya hubungan dua variabel tersebut signifikan baik pada taraf 0,05. Dengan interpretasi df = N-df = 40-2 = 38, dimana r pada taraf signifikan 5% senilai 0,500 sedangkan rxy = 0,500 sehingga diperoleh (0,500> 0,882) yang merupakan terdapat hubungan signifikan. Sehingga penelitian ini berhasil membuktikan hipotesis yang menyatakan bahwaerdapat hubungan perilaku bullying signifikan dengan kemampuan interaksi sosial siswa di MI Raudlatusshibyan NW Belencong Tahun Ajaran 2022/2023

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: perilaku bullying; kemampuan interaksi sosial
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 02 Mar 2023 03:02
Last Modified: 02 Mar 2023 03:02
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3838

Actions (login required)

View Item View Item