Burhanudin, Burhanudin (2022) Implikasi pengembangan lembaga pendidikan tradisional dan lembaga pendidikan modern di Pondok Pesantren Al-Ishlahuddiny Kediri Lombok Barat Terhadap Relasi Sosial Kemasyarakatan. Doctoral thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Burhanudin 210401007.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

INDONESIA Pendidikan merupakan sebuah proses atau usaha mengalihkan, melestarikan dan mentransformasikan nilai dan norma kebudayaan kedalam semua aspek dan jenisnya kepada generasi penerus Agama dan Bangsa, sehingga pendidikan memegang peranan penting dalam perkembangan masyarakatnya. Maka dari itu lahirlah Madrasah sebagai kelanjutan dan penyempurnaan dari sistem pendidikan tradisional (pesantren). Kehadirannya menjawab kebutuhan masyarakat dengan kemajuan zaman dan karena semakin berkembangnya pemikiran pemikiran yang kritis dan rasional. Tuntutan yang dihadapi oleh lulusan pesantren di masyarakat berupa kebutuhannya terhadapa ilmu ilmu umum dan ijazah formal secara legal diakui oleh pemerintah. Salah satu cara pondok pesantren untuk menyiapkan lulusannnya agar mampu menjawab tuntutan tersebut adalah melakukan pengembangan lembaga pendidikan tradisional (pesantren) dan lembaga pendidikan modem (madrasah). Penelitian tesis ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Penggalian data dilakukan dengan teknik observasi. wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian tersebut adalah berikut: Pertama, Pengembangan lembaga pendidikan tradisional teridiri dari Diniyah Putra, Diniyah Putri, Tahfizul Qur'an 1 Darul Furqon, Tahfizul Qur'an II Ibnu Khaldun dan Ma'had Ali Tahassus Kedua, Pengembangan lembaga pendidikan modern terdiri dari Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah Putra, Madrasah Tsanawiyah Putri, Madrasah Aliyah Putra, Madrasah Aliyah Putri, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kesehatan dan Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Mustafa Ibrahim Ketiga, implikasi pengembangan lembaga pendidikan tradisional dan moderen terhadap relasi sosial kemasyarakatan

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan lembaga pendidikan; relasi sosial; pendidikan tradisional; Pondok Pesantren Al-Ishlahuddiny
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160801 Applied Sociology, Program Evaluation and Social Impact Assessment
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160809 Sociology of Education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Doktoral Pendidikan Agama Islam
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 01 Mar 2023 07:57
Last Modified: 01 Mar 2023 08:02
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3830

Actions (login required)

View Item View Item