Nurullaeli, Nurullaeli (2022) Strategi manajemen dana amanah pemberdayaan masyarakat (dapm) dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat (Studi Terhadap Dapm Kecamatan Praya Tengah). Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Nurullaeli 180305035.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Strategi manajemen adalah seni dan ilmu penyusun, penerapan, dan pengevaluasian keputusan-keputusan, manajemen strategi berfokus pada proses penetapan tujuan organisasi, pengembangan kebijakan dan perencanaan untuk mencapai sasaran, serta mengalokasikan sumber daya untuk menerapkan kebijakan dan merencanakan pencapaian tujuan organisasi. Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (DAPM) bermula dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM Mandiri Perdesaan) yang diluncurkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Dana Amanah Pemberdayaan masyarakat (DAPM) bertujuan meningkatan kesejahteraan dan akses modal usaha kepada masyarakat miskin pedesaan secara mandiri melalui peningkatan partisipasi masyarakat (terutama masyarakat miskin, dan UKM. Ada dua permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana strategi manajemen DAPM dalam mengembangkan taraf hidup masyarakat, (2) Apa saja hambatan dalam mengembangkan taraf hidup masyarakat. Untuk mengungkapkan persoalan tesebut secara mendalam dan menyeluruh, penulis menggunakan metode Deskriptif Kualitatif yang bermanfaat untuk memberikan informasi, fakta dan data tentang strategi manajemen DAPM dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumntasi secara langsung kepada lembaga DAPM kecamatan Praya Tengah. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi yang dilakukan DAPM dalam pengembangan taraf hidup masyarakat adalah, Pertama Meningkatkan tata kelola sesuai dengan misi DAPM. Kedua Meningkatkan bidang pemasaran. Ketiga Meningkatkan teknologi informasi. Keempat Meningkatkan pengawasan penggunaan dana. Kelima Meningkatkan kualitas layanan. Keenam Memberikan pinjaman tanpa bunga. (2) Hambatan yang kerap terjadi pada pengembangan taraf hidup masyarakat ini adalah, Pertama Kendala Teknis, yang dimaksudkan adalah kendala yang sering terjadi karna persoalan digitalisasi, dengan tidak adanya digitalisasi dalam lembaga ini terjadilah proses yang lama dalam memproses dokumen nasabah. Kedua Kendala Internal, 1) Manajemen, 2) Pemasaran, 3) SDM (Sumber Daya Manusia). Ketiga Kendala Eksternal, dalam hal ini permasalahan nasabah yang terjadi dikarenakan nasabah mengalami kesulitan dalam mengakses data, karna masih dilakukan dengan cara manual.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Ahmadiyah; eksistensi; respon masyarakat
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150310 Organisation and Management Theory
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150312 Organisational Planning and Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150313 Quality Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Jurusan Manajemen Dakwah
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 01 Mar 2023 04:50
Last Modified: 01 Mar 2023 04:50
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3828

Actions (login required)

View Item View Item