Alamsyah, Muh. (2023) Efektifitas penggunaan media sosial sebagai wadah promosi Desa Wisata Sukarara Kabupaten Lombok Tengah. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Muh. Alamsyah 190503092_.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perhatian penulis tentang efektifitas media sosial dijaman modern ini, Perkembangan teknologi informasi yang semakin maju, maka peran media komunikasi yaitu media sosial menjadi penting karena dapat memberi kontribusi dalam berbagai bidang kegiatan, tidak terkecuali pada kegiatan promosi pariwisata. Dimana dengan menggunakan media sosial dapat lebih efektif untuk melakukan komunikasi oleh dinas pariwisata. Pada penelitian ini yang menjadi responden yaitu pegawai dinas pariwisata kabupaten lombok tengah dan masyarakat Desa Sukarara, dimana kegiatan di desa sukarara menjadi tolak ukur pariwisata kabupaten lombok tengah, pertemuan langsung antar tamu domestik dan mancanegara yang ingin menikmati daerah wisata di Desa Sukarara menjadi tujuan dalam promosi tersebut, namun demikian apakah efektif penggunaan media sosial sebagai sarana promosi desa wisata sukarara. Maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Efektifitas media sosial (X) Wadah Promosi (Y) . Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, adapun sumber data penelitian ini adalah data primer dan sekunder yang diperoleh dari penyebaran koesioner. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel 30 responden, model yang digunakan yaitu model regresi linear sederhana. Hasil R square ditemukan bahwa penggunaan media sosial memiliki pengaruh sebesar 0,422. Hal ini berarti bahwa penggunaan media sosial mempengaruhi efektivitas pengunaan media sosial sebagai wadah promosi desa wisata sukarara sebesar 42,2 %. Berdasarkan pengujian dengan hasil sebesar 42,2 % dan sisanya sebesar 57,8 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media sosial, efektivitas; promosi desa sukarara.
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0805 Distributed Computing > 080503 Networking and Communications
08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0806 Information Systems > 080601 Native People Information and Knowledge Systems
08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0806 Information Systems > 080602 Computer-Human Interaction
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140216 Tourism Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Pariwisata Syariah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 25 Feb 2023 14:22
Last Modified: 25 Feb 2023 14:22
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3781

Actions (login required)

View Item View Item