Ardian Saputra, Daeng (2016) Identifikasi kesulitan belajar matlab pada mata kuliah metode numerik mahasiswa semester VII jurusan pendidikan matematika IAIN Mataram tahun 2015/2016. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
DAENG ARDIAN SAPUTRA 151114016.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja kesulitan belajar matlab yang dapat diidentifikasi di mahasiswa semester VII jurusan pendidikan matematika IAIN Mataram tahun 2015/2016, Apa saja penyebab kesulitan belajar matlab yang dapat diidentifikasi di mahasiswa semester VII jurusan pendidikan matematika IAIN Mataram tahun 2015/2016 dan Bagaimana upaya untuk mengatasi kesulitan belajar matlab di mahasiswa semester VII jurusan pendidikan matematika IAIN Mataram tahun 2015/2016. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Pembahasannya dianalisa melalui hasil wawancara. Informan utama dalam penelitian ini berjumlah 10 orang, dan informan pendukung berjumlah tiga orang, semua informan merupakan mahasiswa matematika IAIN Mataram semester VII yang pernah mengikuti praktikum Matlab. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan cara purposive sampling, Purposive Sampling adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis-jenis kesulitan belajar matlab meliputi kesulitan memahami konsep, Kesulitan mengikuti pelajaraan Kesulitan menguasai materi dan Kurangnya motivasi mengikuti praktikum. Penyebab kesulitan belajar matlab meliputi dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. faktor faktor matlab dan pemehaman dasar komputer yang masih kurang dikuasai. Sedangkan faktor eksternal meliputi materi yang sulit, dosen, fasilitas dan coass. dan upaya–upaya yang dilakukan oleh mahasiswa, coass, dosen dan jurusan meliputi mahasiswa berdiskusi dengan mahasiswa yang lain, atau bertanya kepada kakak tingkat atau dosen, mahasiswa belajar individu mengenai kesulitan yang ia alami coass atau dosen memberikan tugas kepada mahasiswa jurusan mengadakan praktikum dan jurusan menfasilitasi praktikum

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: identifikasi; kesulitan belajar; matlab; metode numerik; matematika
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0103 Numerical and Computational mathematics > 010301 Numerical Analysis
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0103 Numerical and Computational mathematics > 010302 Numerical Solution of Differential and Integral Equations
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 29 Jul 2024 00:58
Last Modified: 29 Jul 2024 00:58
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/377

Actions (login required)

View Item View Item