Rohana, Rohana (2017) Peranan metode pembelajaran penugasan dalam meningkatkan prestasi belajar PAI siswa kelas IV SDN Mertak Tombok Desa Mertak Tombok Kec. Praya Kabupaten Lombok Tengah tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Rohana 15113121026.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Agama Islam pokok bahasan nama-nama Malaikat dan tugas-tugasnya dengan penerapan strategi pembelajaran aktif The Assignment. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas IV SDN Mertak Tombok yang berjumlah 34 orang. Penelitian ini dilaksanakan mulai Bulan April sampai dengan Mei 2017. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian tindakan yang alurnya, yaitu membuat perencanaan tindakan, melaksanakan tindakan dalam pembelajaran, dan merefleksi pelaksanaan tindakan. Hasil refleksi tersebut digunkakan untuk mengambil keputusan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah dilakukan tindakan pembelajaran dengan Strategi pembelajaram aktif The Assignment dari siklus I hingga siklus II. Berdasarkan hasil analisis dapat dikemukakan sebagai berikut. Siklus I, siswa hanya mampu mencapai nilai rat-rata 68,82 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 67,65% dari keseluruhan siswa. Dan pada siklus II hasil belajar rata-rata siswa 85,00 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 100%. Hal ini berarti ketuntasan belajar siswa secara klasikal menigkat 32,35% dari siklus I.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran; prestasi belajar; metode tugas
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ika Merdeka Wati
Date Deposited: 01 Oct 2021 03:45
Last Modified: 01 Oct 2021 03:45
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/373

Actions (login required)

View Item View Item