Akini, Nurul (2021) Persepsi efektivitas penggunaan teknik mind-mapping untuk menulis esai argumentatif di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Negeri Mataram. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Thesis Nurul Aini 170107017.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
INDONESIA Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi persepsi keefektifan penggunaan mind mapping dalam pembelajaran menulis esai argumentatif di TBI UIN Mataram dan untuk mengeksplorasi pengalaman siswa dalam pembelajaran menulis argumentatif melalui penggunaan teknik mind mapping. Peneliti menggunakan studi kasus eksploratif kualitatif. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan dua instrumen yaitu kuesioner dan wawancara. Berdasarkan temuan penelitian, teknik Mind mapping merupakan teknik pembelajaran yang efektif untuk belajar menulis. Teknik mindmapping sederhana, menyenangkan, dan membangkitkan kreativitas siswa dalam menghasilkan dan mengorganisasikan ide-ide mereka, siswa menjadi lebih aktif dan lebih terdorong untuk belajar menulis dan meningkatkan keterampilan menulis mereka. Siswa dapat lebih mudah mengklasifikasikan ide dengan baik karena mind mapping memiliki struktur yang baik yaitu warna dan diagram, membuat siswa dapat mengingat ide dengan baik, karena itu sebagian besar siswa tertarik untuk menggunakan mind mapping dalam proses menulis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa. keahlian. Hasil berdasarkan kuesioner. (1). Mengklasifikasikan Ide dengan Baik, (2). Teknik Sederhana Untuk Memudahkan Pharagraf, (3). Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa, (4). Metode Efektif Untuk Pembelajaran Proses Menulis. hasil wawancara, (1). Meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran menulis esai, (2). Kemampuan dalam Mengorganisir dan mengembangkan ide, (3). Mempromosikan Efisiensi Siswa Untuk Mengatur Teks Mereka. INGGRIS The aims of this research is, to explore the perceived effectiveness of using mind mapping for learning to write argumentative essays at TBI UIN Mataram and to explore the students' experience for learning to write argumentative writing through the use of mind mapping tehnique. The researcher aplied qualitative exploratory case study, To collect the data, the researcher used two instruments those are questionnaire and interview. the findings of this reseaerch, Mindmapping technique is an effective teaching technique for teaching writing. Mindmapping technique is simple, fun, and arousing students’ creativity in generating and organizing their ideas, students are getting more active and more encouraged to study writing and improved their writing skills. Students can easier to classify the idea well because mind mapping have a good sturucture theare are the collor and the digram make students can memorist the idea well, bacuese of that most of studenst interesting to using mind mapping in writing process and effective to improve studenst writing skill. Result based on questionaire. (1). Classsify Idea Well, (2). Simple Tehnique To Makes Pharagraf Easier, (3). Improving Studenst Writing Skill, (4). Effective Method For Learning Writing Process. result of interview, (1). Improving students motivation for learning writing essay, (2). The ability in Organize and developing idea, (3). Promote The Students’ Efficiency To Organize Their Texts.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Proses pembelajaran menulis; mind mapping; esai argumentatif |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130204 English and Literacy Curriculum and Pedagogy (excl. LOTE, ESL and TESOL) 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200302 English Language |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Bahasa Inggris |
Depositing User: | nur noer nur |
Date Deposited: | 17 Feb 2023 03:20 |
Last Modified: | 17 Feb 2023 03:20 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3694 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |