Hade, Mardian (2022) Upaya meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun melalui permainan stiker alfabet di Tk Aisyiyah Bustanul Atfhal Mataram. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Mardian Hade 180110053.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

INDONESIA Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun melalui permainan stiker alfabet di TK Aisyiyah Bustanul Atfhal Matara. Menyadari hal tersebut peneliti memilih untuk mencoba mengajarkan beberapa cara dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Atfhal Mataram. Kegiatan ini peneliti adakan mengingat kendala yang dihadapi dalam proses kegiatan pembelajaran di TK Aisyiyah Bustanul Atfhal Mataram, yaitu tingkat kemampuan membaca anak masih rendah. Dalam proses pembelajaran di dalam kelas kurangannya media atau permainan yang dilakukan guru pada saat pembelajaran di dalam kelas, guru menggunakan media yang sama sehingga menyebabkan kemapuan membaca anak kurang muncul. Fokus yang dikaji dalam skripsi ini adalah bagaiman cara untuk menigkatkan kemampuan membaca permulaan anak melalui permainan stiker alfabet Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan permainan stiker alfabet. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus instrumen yang digunakan adalah RPP dan lembar observasi. Teknik pengumpulan data berupa data aktivitas guru dan data aktivitas siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I kemampuan membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun memperoleh hasil observasi aktivitas guru sebesar 85%, sedangkan hasil observasi aktivitas siswa sebesar 64%, dengan hasil rata-rata 54,89 dengan nilai persentase kemampuan siswa sebesar 40%. Pada siklus II kemampuan membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun memperoleh hasil observasi aktivitas guru sebesar 93% dan untuk aktivitas siswa sebesar 92%, dengan hasil rata-rata 77,2 dengan nilai persentase sebesar 92%. Adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II dengan menggunakan stiker alfabet. Hasil ini sudah mencapai target yang diharapkan dengan kriteria berkembang sangat baik. Dari penelitian 2 siklus ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan permainan stiker alfabet dapat menstimulasi dan meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Atfhal Mataram.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: membaca permulaan; anak usia 5-6 tahun; stiker alfabet
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 31 Jan 2023 07:50
Last Modified: 31 Jan 2023 07:50
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3667

Actions (login required)

View Item View Item