sumiati, Sri (2022) Penggunaan media shapes dalam menstimulasi perkembangan kognitif anak di TK Banitul Hak Dusun Duhani`U Desa Mpili Kecamatan Donggo Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Sri Sumiati 180110011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Perkembangan kognitif merupakan hal yang penting dikembangkan mulai sejak usia dini, sehingga anak dapat mengasah proses berpikir dan menemukan solusi dari apa yang dipikirkan. penggunaan Media Shapes dalam menstimulasi perkembangan kognitif anak mulai berkembang hal ini terlihat sebagian anak sudah dapat menyebutkan, mencocokkan, mengenal, serta mengumpulkan benda disekitar berdasarkan bentuk Shapes. Dengan demikian ada tiga tujuan utama dalam penelitian ini. pertama Media Shapes yang digunakan kedua Penggunaan Media Shapes dalam menstimulasi perkembangan kognitif anak ketiga Faktor pendukung dan penghambat penggunaan Media Shapes dalam menstimulasi perkembangan kognitif anak di TK Banitul Hak Dusun Duhani`u Desa Mpili Kecamatan Donggo Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif dengan subjek penelitian guru dan anak yang memiliki usia 5-6 tahun. Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawacara terstruktur, obsevasi dan dokumentasi. Analisis data yaitu menggunakan triangulasi data yaitu membandingkan tiga sumber data kemudian menarik kesimpulan dari data yang diperoleh. Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan Media Shapes dalam menstimulasi perkembangan kognitif anak di TK Banitul Hak Dusun Duhani`u Desa Mpili Kecamatan Donggo Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat Yaitu 1) Menggunakan tujuh bentuk Media Shapes yang terdiri dari bentuk Lingkaran, Persegi Panjang, Segitiga, Segiempat, Oval, Bintang dan hati. 2) penggunaan Media Shapes dalam menstimulasi perkembangan kognitif anak yaitu a) menentukan rancangan kegiatan b) memilih tema yang ingin dicapai c) menentukan alat dan bahan yang diperlukan dalam kegiatan d) menetapkan langkah-langkah dalam kegiatan e) membagi anak dalam beberapa kelompok f) menentukan tugas yang akan dikerjakan anak. 3) Faktor pendukung dan penghambat penggunaan Media Shapes dalam menstimulasi perkembangan kognitif anak yaitu: a) faktor pendukung yaitu media yang digunakan mudah dan praktis, Media Shapes dapat mengasah ke-6 aspek perkembangan anak dan media Shapes dapat dikemas menjadi media pembelajaran yang menarik b) Faktor Penghambat yaitu media Shapes kurang memadai, hanya menggunakan tujuh jenis bentuk Shapes adapun solusinya yaitu dengan cara guru membuat lebih banyak bentuk Shapes serta mencari lebih banyak referensi terkait jenis Shapes sehingga tidak menggunakan tuju jenis bentuk Shapes itu saja melainkan banyak jenis bentuk Shapes.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media shapes; perkembangan kognitif
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 19 Dec 2022 05:54
Last Modified: 19 Dec 2022 05:54
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3558

Actions (login required)

View Item View Item