Rahma Sari, Sri (2022) Kerjasama guru dan orang tua dalam upaya meningkatkan disiplin anak di TK Purnama Pagutan Karang Genteng Mataram Tahun Ajaran 2021 / 2022. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Sri Rahma Sari 180110067 .pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
INDONESIA Penelitian inibertujuan untuk (1) mengetahui bentuk kerjasama guru dan orangtua dalam meningkatkan kedisiplinan anak di TK Purnama Karang Genteng Pagutan Mataram pada tahun ajaran 2021-2022 (2) untuk mengeathui apa saja kendala yang dihadapi oleh guru dan orang tua dalam meningkatkan disiplin anak di TK Purnama Karang Genteng Pagutan Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif analisis deskripsi, metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini adalah pencatatan, peyususnan, pengelolaan, dan penafsiran serta menghubungkan makna data yang ada kaitannya dengan maslah penelitian. Kemudian sumber data dalam penelitian ini adalah guru, pelajaran pendidikan dan orangtua anak didik TK Purnama Karang Genteng. Adapun hasil penelitian ini adalah bentuk kerjasama guru dan orangtua dalam meningkatkan kedisiplinan anak didik di TK Purnama Karang Genteng yaitu menjalin komunikasi positif antara orangtua dan guru, ini bertujuan untuk menjalin komunikasi sekaligus untuk memberikan solusi atas persoalan yang dihadapi orangtua terhadap anak di rumah termasuk di dalamnya metode praktis diberikan guru untuk meningatkan kedisiplinan pada anak di antara metode yang diberikan adalah metode bercerita dan metode praktik. Selain itu, orangtua selalu dilibatkan dalam berbagai kegiatan di sekolah untuk mengetahu sejauhmana perkembangan anak dan guru dalam proses pembelajaran di sekilah. Adapun kendala yang ditemukan dalam meningkatkan kedisiplinan pada anak adalah inkonsistensi orangtua dalam meningkatkan dan mengajarkan kedisiplinan pada orangtua, di mana orangtua kurang serius dalam memberikan pendidikan disiplina pada anak. Selain itu pola komunikasi antara orangtua terhadap anak tidak tersampaikan secara jelas sehingga anak tidak mengikuti saran atau pembelajaran aspek disiplin dari orangtua.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kerjasama; guru orangtua; kedisiplinan; anak didik |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | nur noer nur |
Date Deposited: | 19 Dec 2022 02:37 |
Last Modified: | 19 Dec 2022 02:37 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3555 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |