Jannah, Wardatul (2022) Self Control mahasiswa perantau dalam menjaga kepercayaan orang tua (Studi Kasus Mahasiswa FDIK UIN Mataram yang berasal dari NTT). Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Wardatul Jannah 180303087.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Kontrol diri merupakan suatu kecakapan individu dalam kepekaan membaca situasi diri dan lingkungannya serta mengelola faktor-faktor perilaku sesuai dengan situasi dan kondisi untuk menampilkan diri dalam melakukan sosialisasi. Kemampuan untuk mengendalikan perilaku, kecenderungan untuk menarik perhatian, keinginan untuk mengubah perilaku agar sesuai untuk orang lain, selalu nyaman dengan orang lain, menutup perasaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk-bentuk self control dari mahasiswa FDIK UIN Mataram yang berasal dari NTT apakah berpengaruh dalam menjaga kepercayaan orang tua. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder yang diperoleh dari hasil wawancara dengan 15 informan dari orang tua dan mahasiswa FDIK UIN Mataram yang berasal dari NTT. Dan dokumentasi melalui literatur-literatur kepustakaan, buku-buku, dan sumber lainnya yang relevan dengan penelitian ini. Penelitian ini menghasilkan temuan sebagai berikut : bahwa beberapa mahasiswa FDIK UIN Mataram yang berasal dari NTT mampu melakukan pertimbangan dan penilaian terhadap sebuah keadaan dari segi positif kearah subjektif, serta berusaha untuk menekan impuls negatif yang dapat mempengaruhi perilaku mereka. Beberapa yang lain meskipun mampu melakukan hal tersebut namun tidak berusaha untuk menekan impuls negatif yang justru menerima impuls negatif tersebut mempengaruhi perilaku mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: self control; mahasiswa perantau; kepercayaan orang tua
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Jurusan Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 09 Dec 2022 04:26
Last Modified: 09 Dec 2022 04:26
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3512

Actions (login required)

View Item View Item