amani, Jurifah (2022) Penerapan metode card sort dalam meningkatkan minat belajar siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII A MTs NW Samawa Sumbawa Besar Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Jurifah Amani_160101021.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan penerapan metode pembelajaran seperti metode ceramah pada mata pelajaran Fiqih kelas VII A MTs NW Samawa Sumbawa Besar yang masih belum maksimal, sehingga menyebabkan peserta didik setiap kali pertemuan malas, bosan, berbicara serta pasif dalam proses kegiatan belajar mengajar berlangsung. Selain dari metode umum yang sering digunakan dalam proses pembelajaran, ada beberapa metode active learning yang memiliki banyak sekali manfaat-manfaat yang bisa diambil, selain untuk membuat suasana belajar baru yang menyenangkan serta menarik dan sangat bermanfaat. Salah satunya adalah metode Card sort. Sehingga fokus penelitian ini adalah penarapan metode Card sort pada mata Fiqih kelas VII A MTs NW Samawa Sumbawa Besar untuk meningkatkan minat belajar peserta didik.Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan metode pengumpulan data adalah observasi langsung serta dokumentasi, dengan menggunakan siklus yang dikemukakan oleh Kurt Lewin serta penyajian data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitiannya menunjukan, terdapat peningkatan minat belajar peserta didik dalam menerapkan metode Card sort pada mata pelajaran Fiqih. Peningkatan ini bisa dilihat pada capaian dari siklus I hingga siklus I ke siklus II. Presentase angka minat belajar pada siklus I sebesar 66,66% dan pada siklus II sebesar 85,83 %. Hal itu menujukkan adanya peningkatan minat sebesar 19,17%. Dengan demikian penerapan metode card sort mengalami peningkatan pada mata pelajaran Fiqih kelas VII A MTs NW Samawa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode card sort; minat belajat
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 07 Dec 2022 04:42
Last Modified: 07 Dec 2022 04:42
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3477

Actions (login required)

View Item View Item