Bisri, Mustafa (2021) Eksistensi sistem pendidikan pesantren di era modernisasi (Analisis Study di Pondok Pesantren Darul Qur’an Bengkel) Tahun 2021. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Mustafa BisriI 170101161.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
INDONESIA Eksistensi sistem pendidikan pesantren di era modernisasi adalah kemampuan pondok pesantren untuk mempertahankan diri dari zaman ini yaitu era modernisasi, tuntutan dan kebutuhan masyarakat berdampak terhadap eksistensi pondok pesantren pada saat ini, sehingga pemikiran masyarakat pada umumnya yang masih memikirkan masa depan soal kerja menjadi keberadaan pondok pesantren itu tersendiri terancam. Tetapi selama pondok pesantren mampu memenuhi kebutuhan masyarakat tentunya akan tetap terjaga akan keeksistensianya di era modern ini. Tidak hanya dunia kerja, tetapi pondok pesantren memiliki peranan penting di dunia pendidikan ini, seperti pembentukan bakat, akhlak, etika, dan sebagainya terhadap santri-santri yang sedang berada di fase perubahan zaman ini yang semakin modern. Hal tersebut penulis ingin mempelajari lebih dalam terkait eksistensi sistem pendidikan pesantren di era modernisasi (analisis study di Pondok Pesantren Darul Qur’an Bengkel) tahun 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui eksistensi sistem pendidikan pesantren di era modernisasi di Pondok Pesantren Darul Qur’an Bengkel pada tahun 2021. Penelitian juga di lakukan dengan cara jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriftif, menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data bersifat idukatif, yaitu suatu analisis data yang pola pelaksananya dari khusus umum ke umum yang dapat di tarik kesimpulannya terkait peristiwa, kejadian, yang terjadi di lokasi penelitian. Hasil dari penelitian ini bahwa eksistensi sistem pendidikan pesantren di era modernisasi (study analisis di Pondok Pesantren Darul Qur’an Bengkel) tahun 2021 yaitu, pertama, sistem pendidikan yang ada di Pondok Pesantren Darul Qur’an Bengkel memiliki dua sistem, yaitu sistem pendidikan pesantren, sistem kedua yaitu pendidikan madrasah atau formal yang mana penerapan pembelajaran itu tersendiri mengikuti aturan pemerintah atau kurikulum pemerintah. Kedua eksistensi sistem pendidikan Pesantren Darul Qur’an saat ini menurun tetapi untuk pendidikan formalnya memiliki eksis yang cukup tinggi, Pondok Pesantren Darul Qur’an Bengkel terus berupaya menyeimbangkan sistem pendidikan dan keeksistensianya sesuai zaman yaitu modern saat ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem pendidikan pesantren; era modernisasi; Pondok Pesantren Darul Qur'an |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | nur noer nur |
Date Deposited: | 06 Dec 2022 07:53 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 07:53 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3467 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |