Faolina, Eva (2022) Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dalam meningkatkan sikap ilmiah siswa di MI Fityatul Ulum Pelepok Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Eva Faolina 180106008.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Pemanfaatn lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dalam meningkatkan sikap ilmiah siswa sudah diterapkan namun tidak sepenuhnya karna guru harus menyesuaikan materinya terlebih dahulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dalam meningkatkan sikap ilmiah siswa di MI Fityatul Ulum Pelepok pada muatan IPA kelas IV. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Metode penelitian yang digunakan untuk memperoleh data penelitian yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru kelas IV, dan siswa kelas IV MI Fityatul Ulum Pelepok. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data seperti reduksi data, data display (penyajian data)dan menarik kesimpulan atau Verifikasi. Dalam pengecekan keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi sumber yang datanya berasal dari kepala madrasah, guru kelas IV dan siswa dan triangulasi teknik yang dimana datanya didapatkan dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dalam meningkatkan sikap ilmiah siswa pada muatan IPA kelas IV telah dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Perencanaan yang dibuat dalam bentuk RPP yang dimana guru merancang terlebih dahulu materi yang akan disampaikan. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru menjelaskan materi, yang dilanjutkan dengan kegiatan peraktik penanaman bibit cabe. Pada bagian penilaiaan guru menilai bagaimana siwa antusias untuk bertanya, bekerja sama dengan teman kelompoknya, memahami materi yang diperaktikan dan menilai hasil dari perkatik yang dilakukan siswa dalam menanam bibit cabai. Kegiatan tersebut bisa meningkatkan sikap ilmiah siswa, seperti sikap ingin tahu, sikap berpikir terbuka dan sikap peka terhadap lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan sekolah; sumber belajar, sikap ilmiah
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 06 Dec 2022 03:28
Last Modified: 06 Dec 2022 03:28
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3457

Actions (login required)

View Item View Item