Ulkhair, Wafa (2022) Implementasi metode tahsin untuk meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadist Kelas III MI Hadil Ishlah Bilebaante Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Wafa Ulkhair 180106103 pdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan peneliti untuk meneliti implementasi metode tahsin untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist kelas III MI Hadil Ishlah Bilebante tahun pelajaran 2021/2022. Peneliti tertarik meneliti kasus ini karena implementasi metode tahsin sudah berjalan cukup lama akan tetapi, hasilnya belum terlihat hingga saat ini. Sehingga peneliti tertarik untuk meneliti tentang hasil: 1) Untuk mengetahui penerapan metode tahsin untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas III MI Hadil Ishlah Bilebante. 2) Untuk mengetahui kendala penerapan metode tahsin untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas III MI Hadil Ishlah Bilebante, dan 3) Untuk mengatasi kendala yang ditemukan ketika menggunaka metode tahsin dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas III MI Hadil Ishlah Bilebante. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriftif kualitatif. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang yang digunakan peneliti dalam karya ilmiah ini adalah pengumpulan data, redukasi data, penyajian data dan verifikasi. Dan untuk menetapkan keabsahan data yang telah diperoleh peneliti menggunakan 4 Pengecekan yaitu kreadibility, transferability, confirmability dan dependability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Langkah implementasi metode tahsin di MI Hadil Ishlah Bilebante adalah: a) Guru meminta siswa membaca surah yang akan dihafal satu persatu, b) Guru membaca surah yang akan dihafalkan bersamaan dengan siswa, c) Melafalkan surah yang akan dihafal, d) Menghafal, setelah membaca dan menghafalkan dengan baik kemudian guru meminta siswa menghafalkan surah tersebut 2) Kendala yang ditemukan antara lain a) Sedikitnya waktu belajar, b) Kurangnya kemampuan siswa dalam membaca dan membedakan makhorijul huruf dalam Al-Qur’an c) Kurangnya pengontrolan dari orang tua terhadap bacaan Al-Qur’an anaknya. 3) Dan cara mengatasi kendala yang ditemukan meliputi: a) Mengarahkan anak-anak untuk mengikuti kegiatan TPQ di luar jam sekolah, b) Guru lebih optimal dan profesional c) Mengkomunikasikan dengan orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode tahsin; kemampuan membaca al-qur’an; mata pelajaran al-qur’an hadist
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 01 Dec 2022 01:19
Last Modified: 01 Dec 2022 01:19
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3385

Actions (login required)

View Item View Item