Almayani, Siti (2022) Strategi Pondok Pesantren As-Salaam Turide Kota Mataram dalam peningkatan partisipasi masyarakat di bidang keagamaan. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Siti Almayani 180302042.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pesantren Pondok Pesantren As-Salam Turide Lendang Lekong dalam peningkatan partisipasi masyarakat di bidang ke agamaan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan melakukan studi langsung ke lapangan (field research). Sumber data didapatkan secara primer dan sekunder. Teknik pengumpuan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Melalui penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa strategi Pondok Pesantren As-Salaam Turide Lendang Lekong dalam peningkatkan partisipasi masyarakat mulai dari kegiatan majlis taklim masyarakat sangat antusias mengikuti pengajian yang diadakan setiap hari sabtu kegiatan ini diikuti oleh anak-anak, orang tua dan bapak-bapak. Kegiatan shalat berjamaah shalat menjadi tiang agama Islam yang harus senantiasa dijaga. Shalat tidak hanya santri saja melainkan juga anak-anak, dan masyarakat kampung ini yang ikut shalat berjama’ah. Kegiatan membaca Al-Quran berjamaah membawa dampak yang baik untuk lingkungan lendang lekong

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi pesantren; partisipasi masyarakat; perilaku keagamaan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 28 Nov 2022 06:20
Last Modified: 28 Nov 2022 06:20
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3349

Actions (login required)

View Item View Item