Syafitri, Yulya (2021) Terapi muhasabah untuk meningkatkan motivasi belajar santri pondok pesantren Ittihadil Ummah Karang Anyar Pagesangan Timur Mataram. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Yulya Syafitri 170303024 .pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA Manusia terlahir dengan potensi yang berbeda-beda, salah satu cara untuk menggali potensi tersebut yaitu dengan belajar, agar mampu bermanfaat baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain. Akan tetapi pada kenyataannya ada saja hambatan-hambatan yang ditemukan dalam proses belajar, salah satunya yaitu kurangnya motivasi belajar pada diri seseorang. Seperti yang ditemukan pada lokasi penelitian, kurangnya motivasi belajar ini mempengaruhi proses belajar santri seperti tidak tekun saat mengerjakan tugas, mudah putus asa ketika menemukan kesulitan dalam belajar, tidak menunjukkan minat saat belajar, tidak mandiri dalam belajar, dan lain-lain. Sehingga diperlukan upaya untuk mengatasi hal tersebut, salah satunya dengan terapi muhasabah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jenis data berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang bertujuan untuk mengetahui : 1) Motivasi belajar santri Pondok Pesantren Ittihadil Ummah dan 2) Proses pelaksanaan dan hasil terapi muhasabah untuk meningkatkan motivasi belajar santri Pondok Pesantren Ittihadil Ummah. Adapun subjek penelitian ini adalah santri Pondok Pesantren Ittihadil Ummah yang dipilih menurut ciri-ciri spesifik sesuai dengan tujuan penelitian. Sesuai hasil pembahasan maka peneliti menunjukkan bahwa 1) Motivasi belajar santri Pondok Pesantren Ittihadil Ummah yang perlu ditingkatkan ada 8 santri dan 2) Proses pelaksanaan dan hasil terapi muhasabah berjalan dengan baik dan hasilnya terapi muhasabah bisa digunakan untuk membantu meningkatkan motivasi belajar santri, hanya 1 santri yang tidak mengalami perubahan setelah pelaksanaan terapi muhasabah sehingga diperlukan tindak lanjut untuk penanganan santri tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | terapi muhasabah; motivasi belajar; santri |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Jurusan Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Yunita Lestari S.Adm, M.Sos |
Date Deposited: | 28 Nov 2022 01:18 |
Last Modified: | 28 Nov 2022 01:18 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3337 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |