Nirwana, Baiq (2022) Peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak pada Pasca Covid-19 di MI NW Suela Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Baiq nirwana 170106172.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
INDONESIA Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran apalagi di masa pandemi covid-19 ini oleh karna itu tidak terpenuhnya indikator motivasi belajar peserta didik. Permasalahan yang peneliti temukan adalah siswa tidak mempunyai keberanian untuk bertanya, yang disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya, takut ditertawa teman, takut diminta menjelaskan ulang materi yang disampaikan oleh guru. Fokus yang dikaji dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana motivasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19, (2) Bagaimana peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak pada masa pandemi covid-19 dan (3) Kendala yang dihadapi orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, dimana peneliti berusaha menggambar secara lengkap fenomena yang terjadi secara sistematik. Adapun metode pengumpula data yang digunakan oleh peneliti yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa motivasi belajar siswa MI NW Suela termotivasi, baik dari segi kehadirannya maupun respon siswa pada saat belajarnya. Peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak pada pasca covid-19 di MI NW Suela, yaitu Orang Tua mendampingi anak belajar dari rumah, menciptakan suasa belajar yang nyaman bagi anak, memberikan fasilitas belajar anak. Kendala yang dihadapi Orang Tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak pada pasca covid-19 yaitu, kesibukan orang Tua, kondisi anak dan lingkungan sekitar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran orang tua; motivasi belajar; siswa SD |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | nur noer nur |
Date Deposited: | 22 Nov 2022 02:46 |
Last Modified: | 22 Nov 2022 02:46 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3299 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |