Indah Islami, Citra (2022) Pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas V SDN 16 Mataram Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Citra Indah Islami 180106089.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
INDONESIA Wabah Covid-19 di Indonesia sangat berdampak bagi seluruh manusia. Seperti pada bidang pendidikan yang dimana pembelajaran harus tetap berlangsung meskipun dengan penerapan jarak jauh. Pelaksanaan pembelajaran daring mengalami banyak kendala dan kesulitan yaitu terbatasnya interaksi yang terjadi antara guru dan siswa, serta guru menjadi tidak bisa menjelaskan materi secara langsung terlebih pada mata pelajaran matematika yang memerlukan pemahaman lebih untuk bisa mengerti materi yang diberikan. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V SDN 16 Mataram tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Ex Post Fact. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 16 Mataram dengan jumlah sampel 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan angket mengenai pembelajaran daring dan dokumentasi berupa hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika saat UTS/PTS. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan SPSS Statistic 25.0, hasil diperoleh pada uji regresi linear sederhana yaitu nilai signifikansi 0,001 < 0,05 dengan nilai thitung -3,881 < ttabel 2,079 yang berarti ada pengaruh negatif. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Ho ditolak dan Ha diterima dengan kontribusi pembelajaran daring sebesar 39% dan 61% dipengaruhi oleh variabel lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran daring; hasil belajar ; matematika |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | nur noer nur |
Date Deposited: | 22 Nov 2022 01:37 |
Last Modified: | 22 Nov 2022 01:37 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3295 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |