Setiawati, Astria (2022) Penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) untuk meningkatkan minat baca dan keterampilan menulis siswa pada Kelas IV SDN Inpres Tambe Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Astria Setiawati 180106023.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
INDONESIA Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki dan meningkatkan minat baca dan keterampilan menulis siswa kelas IV dengan menggunakan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) SDN Inpres Tambe pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia. Permasalahan yang ada dalam penelitian ini adalah keinginan dari siswa dalam membaca sangat kurang, sarana dan prasarana berupa buku bacaan yang ada di sekolah masih kurang, dan penggunaan tanda baca dan ejaan kurang tepat dalam menulis Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung dalam dua siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan sesuai rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang telah dibuat dan dibagi dalam empat tahap yaitu tahap perencanaan,pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 28 orang siswa. Instrumen yang yang digunakan di dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat baca dan keterampilan menulis dengan menerapkan model pembelajaran CIRC berdasarkan perolehan hasil angket minat baca siswa kelas IV termasuk dalam kriteria sangat kuat. Kondisi ini dikarenakan siswa senang membaca, sadar akan manfaat membaca dan kuantitas bacaannya juga temasuk tinggi. Sedangkan pada keterampilan menulis nilai pada siklus I sebesar 74,8 dengan ketuntasan klasikal 67% dan keterampilan menulis masih di bawah setandar, dilihat dari hasil ketuntasan klasikal harus mencapai 85%. Pada siklus II terjadi peningkatan keterampilan menulis siswa menggunakan model CIRC pada muatan pelajaran bahasa Indonesia dikatakan tuntas, ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa kelas IV sebesar 84,8 dan ketuntasan klasikalnya sebesar 89%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran circ; minat baca; keterampilan menulis; sekolah dasar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | nur noer nur |
Date Deposited: | 22 Nov 2022 01:01 |
Last Modified: | 22 Nov 2022 01:01 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3294 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |