Yani, Ahmad (2022) Metode guru dalam membelajarkan mata pelajaran seni budaya dan keterampilan di Kelas V MI Al-Ma’arif Al-Mansyuriah Sinah Desa Pengembur Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Ahmad Yani 180106174.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode guru dalam membelajarkan mata pelajaran seni budaya dan keterampilan di kelas V MI Al-Ma’arif Al-Mansyuriah Sinah Desa Pengembur Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah dan untuk mengetahui hambatan guru dalam melakukan metode membelajarkan mata pelajaran seni budaya dan keterampilan di kelas V MI Al-Ma’arif Al-Mansyuriah Sinah Desa Pengembur Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif jenis deskriftif. Pendekatan kualitatif adalah sebuah gejala-gejala yang bersifat alamiah, karena orientasinya demikian maka tentu sifatnya naturalistik dan mendasar atau bersifat kealamian sehingga tidak bisa dilakukan di dalam laboratorium melainkan di lapangan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dan penelitian yang memiliki sifat atau karakteristik bahwa data yang diperoleh dinyatakan dalam keadaan sewajarnya, sebagaimana adanya (natural setting). Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data ini dianalisis dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi data. Sumber data penelitian ini diperoleh dari kepala sekolah, guru dan siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode guru dalam membelajarkan mata pelajaran seni budaya dan keterampilan di Kelas V MI Al-Ma’arif Al-Mansyuriah Sinah. Yaitu metode ceramah dan metode tanya jawab. Adapun hambatan guru dalam melakukan metode membelajarkan mata pelajaran seni budaya dan keterampilan di Kelas V MI Al-Ma’arif Al-Mansyuriah Sinah yaitu media pembelajaran, prasarana, dan lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode guru; membelajarkan mata pelajaran seni budaya; keterampilan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 22 Nov 2022 00:45
Last Modified: 22 Nov 2022 00:45
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3292

Actions (login required)

View Item View Item