Agustina, Maulida (2017) Pengaruh penerapan metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran fiqih materi shalat kelas VII Mts Al-Ikhlasiyah Perampuan tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Maulida Agustina 151131074.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
INDONESIA Metode pengajaran dalam kegiatan pembelajaran memiliki peranan yang sangat penting untuk mendukung keberhasilan pengajaran dan sebagai alat perangsang dari luar yang membangkitkan gairah belajar siswa. Seorang guru dituntut untuk menggunakan metode yang tepat dan sesuai dengan kondisi siswa agar menarik perhatian, tidak menimbulkan kebosanan dan mudah dipahami oleh siswa Dalam pembelajaran fiqih guru dapat memilih metode demonstrasi untuk menyampaikan materi-materi yang bersifat praktik, karena dalam materi ini siswa harus terampil dalam mempraktikkan materi tentang shalat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran fiqih materi shalat Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al-Ikhlasiyah Perampuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen dan teknik pengumpulan data menggunkan data hasil Tes, Observasi, dan Dokumentasi. Data hasil belajar siswa dianalisis dengan uji-t (test) yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas untuk mengetahui pengaruh penerapan metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa. Dari hasil analisis data diperoleh thitung > ttabel 6,653 > 2,021 Ini menunjukkan terdapat pengaruh penerapan metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran fiqih materi shalat kelas VII MTs Al-Ikhlasiyah Perampuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar; metode demonstrasi; fiqih; shalat |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ika Merdeka Wati |
Date Deposited: | 22 Jul 2021 00:44 |
Last Modified: | 22 Jul 2021 02:22 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/329 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |