Andriani, Nia (2021) Sreality therapy untuk mengatasi kurang percaya diri pada anak penyandang disabilitas (tunadaksa) studi di SLB Negeri 1 Mataram. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Nia Andriani 170303092.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Perasaan kurang percaya diri tidak timbul dengan sendirinya, tetapi ada faktor-faktor yang mempengaruhinya yaitu faktor yang berasal dari dalam diri seperti cacat tubuh, kelemahan menguasai bidang studi, keadaan ekonomi keluarga, orang tua yang bercerai dan lain-lain. Sikap kurang percaya diri ini apabila didiamkan secara terus menerus akan mengakibatkan seseorang selalu berfikiran irasional, seperti halnya merasa semua orang disekitarnya tidak pernah menghargai, selalu merasa serba disalahkan dan selalu berdiam diri tanpa mau di interaksi dengan orang lain. Untuk itulah dalam penelitian ini digunakan pendekatan realitas yang bertujuan untuk membantu individu mengubah perilakunya sehingga dapat memenuhi kebutuhan dasarnya secara bertanggung jawab. Metode penelitian yang digunakan adalah ametode penelitian kualitatif yaitu suatu metode penelitian yang menggambarkan atau melukiskan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat, serta hubungan antara fenomena yang diselidiki. Serta data didapatkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi yang bersumber dari data primer dan skunder dengan menggunakan beberapa responden diantaranya kepala sekolah, guru, dan wali murid SLBN 1 Mataram.Hasil penelitian menjelaskan bahwa faktor yang mempengaruhi ketidakpercayaan diri pada siswa adalah karena siswa tidak mengenal kemampuan diri, kurangnya interaksi sosial antara siswa serta para siswa lebih banyak memandang dan menilai dirinya secara negative. Selain itu, terapi realitas telah diterapkan dengan baik. Terapi realitas ini mendorong siswa untuk menghadapi realitas yang terjadi, namun tidak untuk menerima dan sadar lalu hanya berdiam dir, namun terapis mengarahkan untuk menyadari dan menerima keadaan diri kemampuan dan kekurangan lalu memotivasi untuk lebih bersemangat dan mengenal diri secara positif sehingga timbullah rasa percaya diri siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: reality therapy; kurang percaya diri; anak disabilitas
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Jurusan Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 21 Nov 2022 00:07
Last Modified: 21 Nov 2022 00:07
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3278

Actions (login required)

View Item View Item