Ahmad, Ramli (2018) Pengaruh gaya mengajar guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas XI MA Babussalam Rungkang, Desa Merembu Kec. Labuapi, Kab. Lombok Barat Taun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Ramli Ahmad 151141106.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar guru, terhadap hasil belajar siswa kelas XI MA Babussalam, Rungkang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu gaya mengajar guru (variabel X) dan hasil belajar siswa(variabel Y). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dalam bentuk angket pernyataan sebanyak 20 butir pernyataan, dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket, dokumentasi, dan observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MA Babussalam yang berjumlah 17 orang. Teknik sampel dalam penelitian ini adalah teknik sampling jenuh, sehingga sampel dalam penelitian adalah seluruh jumlah populasi yang ada. Sumber data diperoleh melalui angket yang diisi oleh 17 responden kelas XI. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat pengaruh negatif signifikan kuat yang di tunjukan dengan nilai korelasi (r) sebesar 0,67, terbukti signifikan dengan nilai thitung= 12,89 dibandingkan dengan ttabel = 8,68 sehingga hipotesis yang di ajukan dapat diterima. Dari hasil analisis regresi liniear sederhananya diperoleh persamaan regresi ̂ =8,42 + 0,87X. Maka hipotesis H0diterima dan ditolak. Jadi hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran dipengaruhi oleh bagaimana gaya mengajar guru. Dapat dilihat dari hasil koefesien determinansi, bahwa besarnya pengaruh variabel X terhadap varabel Y sebesar 84,6%. Berdasarkan keputusan tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh gaya mengajar guru terhadap Hasil belajar siswa dan 13,4% di pengaruhi oleh variabel lain.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | gaya mengajar; hasil belajar; expost facto |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040303 Aqidah, Islamic Theology, Ilmu Kalam, and related science 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Lalu Muh Hammam Tsani |
Date Deposited: | 16 Mar 2021 06:00 |
Last Modified: | 16 Mar 2021 06:48 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/327 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |