Hidayatur Rizki, Windi (2022) Meningkatkan kemampuan berbahasa anak melalui kegiatan bercerita menggunakan Media Boneka Jari di Ra Ar-Rahman Kecamatan Lembar Kabupaten Lombok Barat Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Windi Hidayatur Rizki _180110041.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatar belakangi oleh perhatian peneliti terhadap belum berkembangnya kemampuan siswa dalam berbahasa, sehingga peneliti bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak melalui kegiatan bercerita menggunakan media boneka jari di RA Ar-Rahman Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, satu siklus terdiri dari empat tahapan yang dimulai dari penemuan masalah, tahapan yang pertama yaitu perencanaan tindakan, kedua pelaksanaan tindakan, ketiga observasi tindakan, dan yang keempat refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi.Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif untuk menentukan ketuntasan individu dan klasikal peserta didik dan kualitatif untuk mengetahui bagaimana kemampuan berbahasa anak serta keterlaksanaan penerapan kegiatan bercerita menggunakan media boneka jari. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berbahasa anak dari siklus I sampai pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata pada ketuntasan belajar siklus I yaitu 69,16dan pada siklus II nilai rata-rata anak meningkat menjadi 95,27. Sedangkan nilai ketuntasan klasikal juga mengalami peningkatan dari siklus I sampai ke siklus II yaitu dari 55,55% menjadi 94,44%. Selanjutnya pada aktivitas guru dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan juga, yaitu dari 56,66% meningkat menjadi 93,33%. Kemudian untuk aktivitas anak dari siklus I mendapat 63,33% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 90%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa menerapkan kegiatan bercerita menggunakan media boneka jari dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak di RA Ar-Rahman Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat Tahun Ajaran 2021-2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berbahasa; kegiatan bercerita; boneka jari; anak usia 5-6 tahun
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 15 Nov 2022 01:40
Last Modified: 15 Nov 2022 03:05
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3204

Actions (login required)

View Item View Item