Susirarini, Yeni (2022) Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 (studi kasus pada mahasiswa program Studi IPA Biologi UIN Mataram). Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Yeni Susirarini 160104107 .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (952kB)

Abstract

INDONESIA Pada masa pandemi covid-19, proses pembelajaran daring menjadi solusi terbaik dalam menggantikan proses pembelajaran tatap muka. Jurusan Tadris IPA Biologi menjadi salah satu jurusan yang menerapkan sistem tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring yang meliputi aspek partisipasi, aksesibilitas, dan materi pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh mahasiswa Tadris IPA Biologi UIN Mataram dengan sampel penelitian menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengisian angket melalui Google formulir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 memperoleh persepsi yang berbeda-beda tergantung aspek yang diteliti. Partisipasi mahasiswa Tadris IPA Biologi memperoleh hasil yang menunjukkan persepsi positif dengan presentase 76,28%, aksesibilitas yang diperoleh mahasiswa menjadi kendala dalam pembelajaran daring dengan menghasilkan persepsi negatif memperoleh presentase 65,87%, dan terakhir materi belajar yang diterima mahasiswa ketika pembelajaran daring berlangsung berada persepsi negatif dengan presentase 66,8%. Maka, diperoleh kesimpulan bahwa persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring selama pandemi covid-19 (studi kasus pada mahasiswa Tadris IPA Biologi UIN Mataram) termasuk dalam kategori Negatif. Adapun saran dari peneliti sebaiknya mahasiswa harus meningkatkan partisipasi belajar dengan memaksimalkan aksesibilitas yang dimiliki, dan dosen juga harus memberikan inovasi materi belajar yang interaktif dan komunikatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Persepsi mahasiswa; pembelajaran daring; covid-19
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130209 Medicine, Nursing and Health Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 15 Nov 2022 01:11
Last Modified: 15 Nov 2022 01:11
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3198

Actions (login required)

View Item View Item