Jamilah, Zahraini (2022) Pengaruh model pembelajaran project based learning (PJBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII Mts Nahdlatus Shaufiah Wanasaba. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Zahraini Jamilah 180103117.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII MTs NS Wanasaba. Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksprimen. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTS-Nahdlatus Shaufiah Wanasaba.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas control yang ditentukan menggunakan teknik sampel jenuh.. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis dalam bentuk soal uraian kemampuan berpikir kreatif yang dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Dari hasil perhitungan uji-t diperoleh nilai t hitung sebesar 0,03 atau sig <0,05 yang dimana artinya bahwa terdapat pengaruh hasil kemampuan berpikir kreatif siswa yang signifikan antara siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran project based learning (PjBL) dengan siswa yang tidak diberi perlakuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran; project based learning; dan berpikir kreatif |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | nur noer nur |
Date Deposited: | 14 Nov 2022 08:27 |
Last Modified: | 14 Nov 2022 08:27 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3190 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |