Misnah, Misnah (2022) Penerapan media kartu dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada anak usia 4-5 tahun di RA Pembina NW Mataram Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Misnah 180110116_.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada anak usia 4-5 tahun (Kelompok A) di RA Pembina NW Mataram dengan menggunakan media kartu huruf hijaiyah.Permasalahan yang ada dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan anak dalam mengenal huruf hijaiyah, hal ini disebabkan oleh pengenalan huruf hijaiyah pada anak menggunakan iqro‟ dengan cara mengajarkan satu per satu anak dalam satu ruangan yang terdapat kelompok A dan B dari usia 4-6 tahun. Sehingga peneliti menggunakan media kartu huruf hijaiyah untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah di RA Pembina NW Mataram tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc. Taggart. Adapun subyek penelitian ini yaitu kelompok A RA Pembina NW Mataram yang berjumlah 10 anak yang terdiri dari 5 anak perempuan dan 5 anak laki-laki. Sedangkan obyek penelitian ini yakni kemampuan mengenal huruf hijaiyah menggunakan media kartu huruf hijaiyah. Pada penelitian ini ada dua siklus yang peneliti gunakan dan pada setiap siklus ada empat kali pertemuan adapun yang dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan analisis deskripsi kualitatif. Adapun hasil yang diperoleh pada siklus I yakni aktivitas guru menunjukkan presentase yakni sebesar 66,66% artinya pada kriteria cukup baik dan aktivitas anak menunjukkan presentase sebesar 70,19% kategori cukup baik. Kemudian pada aktivitas guru terjadi peningkatan pada siklus II sebesar 95,37% kategori sangat baik dan aktivitas anak sebesar 94,23% kategori sangat baik. Hal ini berarti aktivitas guru menunjukkan kriteria terlaksana dengan sangat baik. Sedangkan perkembangan kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada siklus I sebesar 53% kategori kurang baik, dimana anak belum mampu mengenal huruf hijaiyah secara acak maupun secara berurutan dan anak belum mampu membedakan huruf-huruf hijaiyah yang hampir mirip. Kemudian kemampuan anak mengenal huruf hijaiyah mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 81% kategori baik, dimana anak mampu mengenal huruf hijaiyah secara acak maupun secara berurutan dan anak mampu membedakan huruf-huruf hijaiyah yang hampir mirip. Artinya kemampuan mengenal huruf hijaiyah menunjukkan kriteria baik. Berdasarkan hasil data di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan media kartu huruf hijaiyah dapat meningkatakan kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada anak usia 4-5 tahun di RA Pembina NW Mataram.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media kartu huruf hijaiyah; mengenal huruf hijaiyah; anak usia 4-5 tahun
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 09 Nov 2022 02:40
Last Modified: 09 Nov 2022 02:40
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3169

Actions (login required)

View Item View Item