Indriani, Indriani (2022) upaya meningkatkan kemampuan mengenal bagian anggota tubuh melalui alat permainan edukatif (APE) jalur pintar pada anak usia 4-5 Tahun Di Paud Islam As-Shofi Kediri. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Indriani 180110014_.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang telah dilakukan sebelumnya di PAUD Islam As-Shofi Desa Montong Are Kecamatan Kediri terkait dengan kemampuan anak yang masih sering keliru dalam mengenal bagian anggota tubuhnya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal bagian anggota tubuh pada anak usia 4-5 tahun melalui Alat Permainan Edukatif (APE) Jalur Pintar di PAUD Islam As-Shofi Kediri. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & Mc. Taggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 3 tahap, yaitu 1) perencanaan (Planning), 2) tindakan dan pengamatan (Acting dan Observing), dan 3) refleksi (Reflecting). Subyek dalam penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun di PAUD Islam As-Shofi Kediri yang terdiri dari 8 anak perempuan dan 7 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II dengan menggunakan Alat Permainan Edukatif (APE) Jalur Pintar. Pada siklus I kemampuan mengenal bagian anggota tubuh pada anak usia 4-5 tahun memperoleh hasil observasi aktivitas guru sebesar 76,92% (Baik), sedangkan hasil observasi aktivitas siswa diperoleh sebesar 69,28% (Baik), dengan hasil nilai ratarata 66,116 dan ketuntasan hasil belajar siswa yaitu sebesar 53,34% dikategorikan berkembang sesuai harapan. Pada siklus II kemampuan mengenal bagian anggota tubuh pada anak usia 4-5 tahun memperoleh hasil observasi aktivitas guru sebesar 92,37% (Sangat Baik), sedangkan hasil observasi aktivitas siswa diperoleh sebesar 84,61% (Sangat Baik), dengan hasil nilai rata-rata 83,37 dan ketuntasan hasil belajar siswa yaitu sebesar 86,67% dikategorikan berkembang sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: meningkatkan kemampuan; anggota tubuh; ape jalur pintar; alat perpmainan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1601 Anthropology > 160102 Biological (Physical) Anthropology
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160703 Social Program Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 08 Nov 2022 02:32
Last Modified: 08 Nov 2022 02:32
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3163

Actions (login required)

View Item View Item