Ulhak, Zia (2022) Ideologi pemikiran pendidikan islam TGH. Shafwan Hakim dan kontribusinya pada pengembangan mutu pendidikan di yayasan Nurul Hakim Lombok. Masters thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Zia Ulhak 200401023.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA TGH. Shafwan Hakim merupakan Ulama kharismatik yang juga pengasuh Pondok Pesantren Nurul Hakim, terlahir dari keluarga santri yang memiliki peran yang sangat strategis khususnya pendidikan Islam. TGH. Shafwan Hakim dalam perjuangannya memiliki ide gagasan konsep pendidikan Islam yang dianutnya dan diajarkan kepada santri dan masyarakat Lombok secara umum. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ideologi pemikiran pendidikan Islam TGH. Shafwan Hakim terfokus pada beberapa hal yaitu: (a) konsep dasar pendidikan Islam, yakni pendidikan yang sangat menekankan pendidikan sejak usia dini sampai meninggal dunia berbasis Al-Quran dan Hadits, (b) tujuan pendidikan Islam, yakni menjadi insan purna yang bertujuan mendekatkan diri kepada Allah dan insan purna yang mendapatkan kebahagiaan dalam kehidupan dunia dan akhirat, (c) sistem pendidikan merupakan suatu kesatuan komponen yang terdiri dari unsur-unsur pendidikan, seperti siswa, guru, dan lainnya, (d) Pendidikan Pesantren, yaitu lembaga yang melahirkan ulama berkualitas, dalam pengetahuan agamanya, agung moralitasnya dan besar dedikasi sosialnya, dan (e) pendidikan nilai, diantaranya pendidikan nilai manusia dengan Tuhan, meliputi ikhlas, akidah yang lurus, dan lainnya, pendidikan nilai manusia dengan manusia meliputi berakhlak yang mulia dan berbuat baik, tolong-menolong, dan lainnya, dan pendidikan nilai manusia dengan alam meliputi peduli lingkungan dan cinta kebersihan, dan (2) Kontribusi Ideologi pemikiran pendidikan Islam TGH. Shafwan Hakim pada pengembangan mutu pendidikan di Program Pendidikan Khusus (PPKh KMMI) Nurul Hakim meliputi 3 aspek, yaitu standar isi (kurikulum), standar pendidik dan tenaga kependidikan, dan pengembangan diri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ideologi pendidikan islam; mutu pendidikan; ulama |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2202 History and Philosophy of Specific Fields > 220202 History and Philosophy of Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yunita Lestari S.Adm, M.Sos |
Date Deposited: | 07 Nov 2022 09:05 |
Last Modified: | 07 Nov 2022 09:05 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3155 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |