Mursidan, Hasia (2022) Pengembangan kepribadian anak usia 5-6 tahun di TK Al-Hikmah Mataram Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Hasia Mursidan 180110106_.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pengembangan kepribadian anak untuk mengetahui: 1) metode pengembangan kepribadian anak dengan contoh yang nyata, 2) metode pengembangan kepribadian memberikan nasehat yang positif pada anak, 3) metode pengembangan kepribadian anak untuk mengendalikan emosionya, dan 4) metode pengembangan kepribadian anak dengan mengenalkan tuhan dan agama sejak dini. Dan faktor penghambat dan faktor pendukung dalam pengembangan kepribadian anak di TK Al-Hikmah Mataram tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan cara reduksi data, data display, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pengembangan kepribadian pada anak usia 5-6 tahun di TK Al-Hikmah dilaksanakan melalui : 1) mengajari anak dengan contoh yang nyata, 2) memberikan nasehat yang positif pada anak selama pembelajaran berlangsung, 3) mengajarkan anak untuk mengendalikan emosinya, 4) mengenalkan tuhan dan agama pada anak sejak dini. Kepribadian yang dominan muncul pada pengembangan kepribadian anak adalah tipe phlegmatis, tipe kepribadian cenderung pendiam, mengalah dan sering menghindari konflik. Sedangkan dari ketiga kepribadia itu, yang paling dominan adalah kepribadian yang ceria dan suka bergaul dengan banyak teman. Adapun faktor penghabat dan pendukung dalam pengembangan kepribadian anak di TK Al-Hikmah Mataram yaitu: hambatan dalam memahami sesuatu, dan hambatan interaksi sosial pada anak. Sedangkan faktor pendukung lingkungan tempat tinggal dan Lembaga Sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan; kepribadian anak
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1605 Policy and Administration > 160506 Education Policy
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160810 Urban Sociology and Community Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 08 Nov 2022 02:03
Last Modified: 08 Nov 2022 02:03
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3151

Actions (login required)

View Item View Item