Noviyanti, Baiq Malia Elly (2022) Pembelajaran Al-Qur’an melalui metode tilawati pada anak usia 4-5 tahun di TPQ Daruttahfidzh An-Nuur Karang Kelok, Mataram. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Baiq MaliaA Elly Noviyanti 180110069_.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya penggunaan metode tilawati dalam proses pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Daruttahfidzh An-Nuur Karang Kelok, Mataram dikarenakan peminat metode tilawati lebih banyak dibandingkan dengan metode-metode sebelumnya yang pernah diterapkan, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran Al-Qur’an melalui metode tilawati pada anak usia 4-5 tahun di TPQ Daruttahfidzh An-Nuur Karang Kelok, Mataram. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitan kualitatif dengan pendekatan deskriptif, melalui tiga teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa proses pembelajaran Al-Qur’an melalui metode tilawati di TPQ dimulai pada pukul 16.00-19.10 WITA, dengan rangkaian kegiatan, seperti kedatangan santri, berkumpul, sholat ashar berjamaah, mulai klasikal, kemudian individual dan baca simak, santri istirahat untuk persiapan sholat magrib, setoran materi hafalan, sholat magrib berjamaah, pengulangan materi hafalan akan datang, sholat isya’ berjamaah dan pembacaan surah al-mulk dan melalui metode tilawati di TPQ, yaitu menggunakan alat peraga, menggunakan lagu atau nada rost, santri diajarkan dengan cara yang praktis dan mudah dipahami, menggunakan pendekatan klasikal, individual, dan baca simak secara seimbang.Strategi pembelajaran Al-Qur’an melalui metode tilawati di TPQ menggunakan tiga teknik, yaitu teknik klasikal, individual, dan baca simak.Faktor pendukung penerapan metode tilawati dalam pembelajaran Al-Qur’an di TPQ, yaitu alat peraga dan adabya guru prefesional. Faktor penghambat penerapan metode tilawati dalam proses pembelajaran Al-Qur’an di TPQ, yaitu kekurangan tenaga pendidik yang profesional, kekurangan waktu istirahat santri, kurangnya kelas, usia santri yang berbeda, santri yang tidak memiliki kitab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran al-qur’an; metode tilawati; anak usia 4-5 tahun
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 04 Nov 2022 07:56
Last Modified: 04 Nov 2022 07:56
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3144

Actions (login required)

View Item View Item