Saputra, Yudi Arman (2021) Implementasi program keagamaan terhadap pembentukan karakter anak di TPQ Alvia Hidayah Dusun Karang Sidemen Bawah Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Yudi Arman Saputra 170106068-.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan peneliti yang melihat karakter anak-anak di TPQ Alvia Hidayah berbeda dengan anak pada kebanyakannya. Dalam berinteraksi disosial masyarakat mereka memperlihatkan karakter religius dan aktif dimasyarakat. mereka rajin shalat berjamaah, mengaji, pergi yasinan dan tahlilan jika ada orang yang meniggal dunia di dusun karang sidemen bawak. Anak-anak terlihat percaya diri dan saling menghargai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi program keagamaan terhadap pembentukan karakter anak di TPQ Alvia Hidayah, untuk mengetahui kendala kendala dalam usaha pembentukan karakter anak di TPQ Alvia Hidayah, dan untuk mengetahui solusi dalam mengatasi kendala-kendala pada proses pembentukan karakter anak. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, Observasi, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, data display (penyajian data), dan penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini adalah implementasi program keagamaan di TPQ Alvia Hidayah terhadap pembentukan karakter anak, diimplementasikan melalui 5 program keagamaan yaitu, tahlilan dan yasinan, tilawatil Quran, tahfizul Quran, baca tulis Al Quran, dan ngaji diniah. Adapun karakter anak yang terbentuk melalui program keagamaan tersebut ada 11 macam yaitu peduli sosial, kepemimpinan, sipat saling tolong menolong, kerja sama, sabar, teliti, disiplin, menghargai dan menghormati orang lain, religius, rajin membaca Al Quran, dan tekun beribadah. Kemudian kendala dalam pembentukan karakter anak di TPQ Alvia Hidayah yaitu pengaruh lingkungan keluarga dan sosial yang kurang bagus, pengaruh game digital, dan pengaruh tontonan di media masa dan televisi. Dan solusi untuk mengatasi kendala-kendala dalam proses pembentukan karakter anak di TPQ Alviya Hidayah yaitu, mengundang para wali santri untuk bermusyawarah, memberi motivasi dan arahan kepada peserta didik, dan memberi sanksi atau hukuman bagi peserta didik yang melanggar aturan di TPQ Alviya Hidayah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: program keagamaan; pembentukan karakter; tpq alvia hidayah
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220406 Studies in Eastern Religious Traditions
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 04 Nov 2022 02:53
Last Modified: 04 Nov 2022 02:53
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3140

Actions (login required)

View Item View Item