Fitriani, Veni (2021) Peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar online pada mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa kelas IV MIN 3 Kota Mataran Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Veni Fitriani 170106201-.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
INDONESIA Pembelajaran online di laksanakan ketika surat edaran tentang pelarangan dalam melaksanakan pembelajaran secara luring atau tatap muka. Dengan demikian, selama terjadinya wabah covid-19 ini seluruh aktifitas yang berkaitan dengan kerumunan mulai dibatasi tak terkecuali dalam hal pendidikan.penelitian ini di latar belakangi olehadanya covid-19 yang mengharuskan kegiatan belajar di lakukan secara online. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar online dan peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar online pada mata pelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas IV MIN 3 Kota Mataram. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah guru kelas IV, Kepala Sekolah, Siswa Kelas IV, tehnik pengumpulan data data yang digunakan tehnik wawancara, observasi, dokumentasi, tehnik analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data, pengecekan keabsahan data yang digunakan ketekunan trianggulasi. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukan bahwa (1) kesulitan belajar online pada mata pelajaran Aqidah Akhlak yaitu susahnya mengawasi anak-anak dari jarak jauh dan siswa kurang paham dengan apa yang dijelaskan dan kesulitan yang dihadapi oleh kebanyakan siswa yaitu guru yang hanya memberikan soal tanpa menjelaskannya dan susahnya kuota dan sinyal. (2) peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar online pada mata pelajaran Aqidah Akhlak yaitu guru membimbing, memotivasi, dan memfasilitasi siswa ketika pembelajaran online berlangsung.
Actions (login required)
![]() |
View Item |