Fitriani, Veni (2021) Peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar online pada mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa kelas IV MIN 3 Kota Mataran Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Veni Fitriani 170106201-.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Pembelajaran online di laksanakan ketika surat edaran tentang pelarangan dalam melaksanakan pembelajaran secara luring atau tatap muka. Dengan demikian, selama terjadinya wabah covid-19 ini seluruh aktifitas yang berkaitan dengan kerumunan mulai dibatasi tak terkecuali dalam hal pendidikan.penelitian ini di latar belakangi olehadanya covid-19 yang mengharuskan kegiatan belajar di lakukan secara online. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar online dan peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar online pada mata pelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas IV MIN 3 Kota Mataram. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah guru kelas IV, Kepala Sekolah, Siswa Kelas IV, tehnik pengumpulan data data yang digunakan tehnik wawancara, observasi, dokumentasi, tehnik analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data, pengecekan keabsahan data yang digunakan ketekunan trianggulasi. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukan bahwa (1) kesulitan belajar online pada mata pelajaran Aqidah Akhlak yaitu susahnya mengawasi anak-anak dari jarak jauh dan siswa kurang paham dengan apa yang dijelaskan dan kesulitan yang dihadapi oleh kebanyakan siswa yaitu guru yang hanya memberikan soal tanpa menjelaskannya dan susahnya kuota dan sinyal. (2) peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar online pada mata pelajaran Aqidah Akhlak yaitu guru membimbing, memotivasi, dan memfasilitasi siswa ketika pembelajaran online berlangsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: belajar online; pandemi covid-19; peran guru; kesulitan belajar; aqidah akhlak
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1102 Cardiorespiratory Medicine and Haematology > 110203 Respiratory Diseases
11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1103 Clinical Sciences > 110309 Infectious Diseases
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040303 Aqidah, Islamic Theology, Ilmu Kalam, and related science
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 04 Nov 2022 02:23
Last Modified: 04 Nov 2022 02:23
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3139

Actions (login required)

View Item View Item