Rahman, Abdul (2022) Pengaruh tahfidz Al-qur’an dan motivasi menghafal Al-Qur’an terhadap prestasi belajar Al-Qur’an Hadist di MA Unwanul Falah NW Lombok Timur Tahun pelajaran 2021/ 2022. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Abdul Rahman-180401015.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

INDONESIA Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh: Tahfidzul Qur’an, Motivasi Menghafal Al-Qur’an terhadap Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadist, Pengaruh Tahfidz Al Qur’an dan Motivasi Menghafal Al-Qur’an secara bersamaan terhadap Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadist Siswa Kelas XI dan XII MA Unwanul Falah NW Paok Lombok, Lombok Timur. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan Ex-post facto dan bersifat asosiatif. Populasi dalam Penelitian ini sebanyak 256 Siswa. Sampel sebesar 26 Siswa yang diambil secara stratified proporsional random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisioner, observasi dan dokumentasi. Uji validitasi dengan Confirmatory factor analysis (CFA) dan Uji reliabilitas dengan Cronbach alpha. Tehnik analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana 1 Prediktor dan regresi ganda 2 Prediktor dengan taraf 0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dari hasil analisis deskriptif kategorasi Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadist 35 % baik, Tahfidz Al-Qur’an 42 % cukup baik, dan Motivasi menghafal Al-Qur’an terhadap prestasi Belajar Al-Qur’an Hadist 50 % sangat baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: tahfidz, al-qur’an; motivasi belajar; prestasi belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 04 Nov 2022 00:27
Last Modified: 04 Nov 2022 00:29
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3132

Actions (login required)

View Item View Item