Rochmania, Rifqi (2022) Internalisasi nilai-nilai keislaman melalui praktik keagamaan dalam meningkatkan ketaatan ibadah siswa kelas V di MIN 2 Lombok Tengah. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Rifqi Rochmania 160106118_.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
INDONESIA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perhatian peneliti terkait pentingnya nilai moral terutama bagi usia anak-anak. Sekolah memiliki peran penting dalam menumbuhkan karakter moral yang baik untuk masa depan anak-anak bangsa yang secara praktis banyak sekolah lebih mengutamakan kemampuan intelektual siswa namun mengesampingkan nilai moral siswa atau tidak terlalu memperhatikan akhlak siswa yang dididik. MIN 2 Lombok Tengah adalah salah satu lembaga setingkat sekolah dasar yang peneliti perhatikan mempertahankan dan giat memperhatikan nilai-nilai moral peserta didik dengan berbagai bentuk kegiatan dan strategi menanaman nilai moral kepada seluruh siswa yang dididik. Fenomena ini menjadikan peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana internalisasi nilai-nilai keislaman dalam meningkatkan ketaaatan ibadah siswa MIN 2 Lombok Tengah berikut dengan factor pendukung serta penghambatnya. Penelitian yang dilakukan ini menggunakan penelitian kualitatif desktiptif untuk mempermudah dalam mengilustrasikan hasil penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsnung, interview dan dokumentasi. Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah Proses internalisasi di MIN 2 Lombok Tengah tergolong dalam proses peneladanan, pembiasaan, penegakan aturan dan pemotivasian. Dalam keempat proses ini, MIN 2 Lombok Tengah melakukan proses peneladanan, pembiasaan dan pemotivasian dengan baik, sedangkan dalam proses penegakkan aturan tidak tertulis masih tidak cukup baik. Faktor Pendukung dan Penghambat Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam Faktor pendukung dalam membantu tercapainya internalisasi nilai-nilai keislaman di MIN 2 Lombok Tengah adalah kelengkapan sarana pra sarana, keaktifan orangtua, masyarakat dan guru dalam melakukan control terhadap seluruh aktivitas siswa. Faktor yang dapat menghambat adalah adanya orang tua yang masih membiarkan peserta didik tanpa control ketat, kebebasan dalam mengakses teknologi bagi siswa dan kurangnya minat siswa dalam ilmu agama.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | internalisasi nilai agama; interview; pembiasaan; ketaatan ibadah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | H Nabil udin |
Date Deposited: | 03 Nov 2022 03:23 |
Last Modified: | 03 Nov 2022 03:23 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3123 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |