Utami, Jihan (2020) Pengaruh kebisaan belajar di lingkungan sekolah terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III di MIN 2 Lombok Barat Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Jihan Utami 60106030-.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti dengan keberagaman hasil belajar yang dimiliki oleh siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar yaitu kebiasaan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar di lingkungan sekolah terhadap hasil belajar matematika kelas III di MIN 2 Lombok Barat tahun pelajaran 2019/2020. Jenis dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif. Salah satu bagian penelitian ini yaitu penelitian ex post factoData yang dikumpulkan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul berupa angka dengan cara menyebarkan instrumen dan pengumpulan data.Responden penelitian adalah siswa/i kelas III A MIN 2 Lombok Barat sebanyak 30 responden. Hasil penelitian menunujukkan bahwa terdapat pengaruh kebiasaan belajar di lingkungan sekolah terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III MIN 2 Lombok Barat sebesar 0,934 (sangat kuat). Hal ini dibuktikan dari hasil uji signifikan yang diperoleh nilai thitung= 13,72 dan ttabel= 1,697 artinya thitung > ttabel (13,72>1,697). Jadi semakin tinggi kebiasaan belajar siswa maka semakin tinggi juga hasil belajar siswa dan penelitian ini tidak hanya berlaku untuk sampel saja tetapi berlaku juga untuk populasi. Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak Ha diterima. “terdapat pengaruh yang signifikan antara kebiasaan belajar di lingkungan sekolah dengan hasil belajar Matematika siswa kelas III di MIN 2 Lombok barat tahun pelajaran 2019/2020”

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kebiasaan belajar,; lingkungan sekolah; hasil belajar; matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 02 Nov 2022 07:19
Last Modified: 02 Nov 2022 07:19
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3115

Actions (login required)

View Item View Item