Said, Muhamad (2022) Penggunaan media gambar dalam pembelajaran kosa kata Bahasa Arab siswa kelas VI MI Al-Madaniyah Mataram Tahun Pelajaran 2021-2022. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Muhamad Said 170102024_.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pelaksanaan proses pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan media gambar yang bertujuan untuk penguasaan hafalan kosa kata bahasa arab siswa kelas VI di mi al-madaniyah mataram, penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil objek peneitian yaitu penggunaan media gambar dalam upaya untuk meningkatkan hafalan kosa kata bahasa arab siswa kelas VI di mi al-madaniyah mataram. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif yaitu upaya yang dilakukan dengan jalan bekerja dengan data, mengorganisasian data, memilahnya menjadi satuan yang dapat dikelola, mencari dan menemukan pola, menemukan apa yang penting dan apa yang dipelajari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Pelaksanaan pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan media gambar dalam meningkatkan hafalan kosa kata siswa dilakukan dengan menerapkan strategi pembelajaran yang bervariasi disetiap tahap pembelajaran, penggunaan media gambar yang digunakan ternyata berpengaruh dalam proses pembelajaran, itu dapat dilihat sikap antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran. 2. Adapun faktor penghambat dalam penggunaan media gambar adalah kesulitan guru dan pihak sekolah menghadirkan sarana dan prasarana sekolah yang berkaitan dengan media pembelajaran, siswa belum menguasai kosa kata untuk percakapan hanya untuk menghafal kosa kata. 3. Adapun solusi dari permasalahan tersebut bahwa sekolah harus menyediakan fasilitas media untuk pembelajaran dan guru harus menggunakan strategi yang baik.
Actions (login required)
![]() |
View Item |