Said, Muhamad (2022) Penggunaan media gambar dalam pembelajaran kosa kata Bahasa Arab siswa kelas VI MI Al-Madaniyah Mataram Tahun Pelajaran 2021-2022. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Muhamad Said 170102024_.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pelaksanaan proses pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan media gambar yang bertujuan untuk penguasaan hafalan kosa kata bahasa arab siswa kelas VI di mi al-madaniyah mataram, penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil objek peneitian yaitu penggunaan media gambar dalam upaya untuk meningkatkan hafalan kosa kata bahasa arab siswa kelas VI di mi al-madaniyah mataram. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif yaitu upaya yang dilakukan dengan jalan bekerja dengan data, mengorganisasian data, memilahnya menjadi satuan yang dapat dikelola, mencari dan menemukan pola, menemukan apa yang penting dan apa yang dipelajari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Pelaksanaan pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan media gambar dalam meningkatkan hafalan kosa kata siswa dilakukan dengan menerapkan strategi pembelajaran yang bervariasi disetiap tahap pembelajaran, penggunaan media gambar yang digunakan ternyata berpengaruh dalam proses pembelajaran, itu dapat dilihat sikap antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran. 2. Adapun faktor penghambat dalam penggunaan media gambar adalah kesulitan guru dan pihak sekolah menghadirkan sarana dan prasarana sekolah yang berkaitan dengan media pembelajaran, siswa belum menguasai kosa kata untuk percakapan hanya untuk menghafal kosa kata. 3. Adapun solusi dari permasalahan tersebut bahwa sekolah harus menyediakan fasilitas media untuk pembelajaran dan guru harus menggunakan strategi yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media gambar; pembelajaran bahasa arab; kosa kata bahasa arab
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021401 Maharat al-Kalam (Speaking Skill)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021406 al-Lughah al-'Arabiyyah li Aghradh al-Khash (Arabic for Specific Purposes)
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 01 Nov 2022 06:37
Last Modified: 01 Nov 2022 06:37
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3103

Actions (login required)

View Item View Item