Aziz, Abdul (2022) Problematika pembelajaran keterampilan menulis di kelas VIII MTs NW Puyung Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Abdul Aziz 180102120_.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Peserta didik usia kelas VIII Madrasah Tsanawiyah seharusnya sudah mampu menyusun kalimat dalam bahasa Arab yang sudah dipelajari tanpa meniru contoh bentuk tulisannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran maharah al-kitabah, dan mendeskripsikan problem problem yang dihadapi oleh peserta didik kelas VIII MT’s NW Puyung dalam pembelajaran maharah al-kitabah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian analisis data dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu pengumpulan data (data hasil dari observasi, wawancara, dan dokumentasi), mereduksi data yang telah terkumpul, mendisplay data-data secara sistematis dan mengambil kesimpulan memverifikasi mana data yang lebih mendalam dan melakukan penyempurnaan dengan mencari data yang diperlukan guna mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika pembelajaran maharah al-kitabah terdiri dari problem linguistik dan non linguistik. Adapun problem linguistiknya adalah 1) Kesulitan menyalin tulisan guru yang ada di papan tulis, karena tulisannya kurang jelas, 2) kesulitan dalam menulis ttulisan-tulisan hijaiyah dengan bentuk bermacam-macam; di awal, di tengah, dan di akhirkata jika tidak ada model tulisan, 3) kesulitan membedakan huruf-huruf yang bisa disambung dan yang tidak bisa di sambung, juga ketika tidak ada model tulisan, 4) kesulitan menulis ketika mengerjakan soal, karena mereka tidak tahu bagaimana cara menulisnya. Sedangkan problem non linguistiknya adalah 1) Latar belakang peserta didik yang heterogen, 2) kurangnya motivasi, 3) kompetensi pedagogi guru tersebut yang masih kurang, 4) keterbatasan fasilitas yang dimiliki, dan 5) keadaan kelas yang kurang kondusif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: problematika pembelajaran; keterampilan menulis
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021404 Maharat al-Kitabah (Writing Skill)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 01 Nov 2022 05:26
Last Modified: 01 Nov 2022 05:26
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3099

Actions (login required)

View Item View Item