Ismi, Yuliatin (2022) Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam pada materi Zakat Mal di Kelas X MIA-3 SMAN 1 Praya Timur. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Yuliatin Ismi 180101149_.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa dalam pembelajaran PAI pada materi zakat mal melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di SMAN 1 Praya Timur. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dengan kerja sama antara observer dan guru.Penyelidikan ini dibagikan dalam 4 tahapan yaitu perancangan, pelaksanaan, pemerhatian dan refleksi pada setiap siklusnya. Teknik-teknik pengumpulan datayang digunakan yakni : observasi dan tes. Prosedur analisis data yaitu, data yang diperoleh melalui tindakan dianalisis, data yang bersifat kualitatif berasal dari observasi (lembar observasi guru dan siswa). Sedangkan data yang yang bersifat kuantitatif berasal dari tes yang dilakukan pada setiap akhir siklusnya. Analisis kuantitatif dari data yang diperoleh dilakukan untuk menentukan integritas individu dan integritas klasik. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran PAI materi zakat mal. Hal ini terlihat dari perolehan siswa pada siklus I yaitu tingkat ketuntasan klasikal sebesar 67,74%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pada siklus I siswa klasikal tidak tuntas karena siswa yang mencapai nilai 75 berada di bawah persentase ketuntasan klasikal yang diharapkan yaitu 85%. Sedangkan untuk observasi aktivitas guru pada siklus I tingkat pelaksanaanya sebesar 67,74% dan tingkat aktivitas siswa sebesar 64%. Pada siklus II diperoleh data integritas klasikal sebesar 87,09%. Hasil ini menunjukkan bahwa siswa klasikal telah tuntas, karena siswa yang mendapat nilai 75 memiliki ketuntasan klasikal lebih besar dari yang diharapkan sebesar 85%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL pada pembelajaran PAI SMAN 1 Praya Timur dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.
Actions (login required)
![]() |
View Item |