Niam, Sahrun (2022) Strategi Guru Akidah Akhlak dalam menanggulangi akhlak tercela pada siswa MA Nahdlatus Shaufiah Wanasaba Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Sahrun Niam_.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku akhlak tercela pada siswa. Hal ini dapat dilihat maraknya siswa melakukan akhlak tercela karena cenderung meniru apa yang dilihat. Akhlak tercela pada siswa merupakan permasalahan yang di rasa sangat penting dan menarik untuk dibahas karena siswa merupakan bagian dari generasi muda dan tumpuan harapan masa depan. Fokus kajian dalam skripsi ini adalah:(1) Bagaimana Gambaran akhlak tercela pada siswa kelas XI MA Nahdlatus Shaufiah Wanasaba? (2) Bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam menanggulangi akhlak tercela pada siswa kelas XI MA Nahdlatus Shaufiah Wanasaba ? (3) Bagaimana hambatanhambatan guru akidah akhlak dalam menanggulangi akhlak tercela pada siswa kelas XI MA Nahdlatus Shaufiah Wanasaba tahun pelajaran 2021/2022. Jenis dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi,wawancara, dan dokumentasi. Metode observasi dan wawancara digunakan untuk mencari data tentang Gambaran akhlak tercela pada siswa, strategi guru akidah akhlak dalam menanggulangi akhlak tercela dan hambatan guru akidah dalam menanggulangi akhlak tercela pada siswa kelas XI MA Nahdlatus Shaufiah Wanasaba tahun pelajaran 2021/2022. Metode dokumentasi data yang dicari yaitu tentang letak geografis sekolah, data keadaan guru, keadaan siswa, serta sarana dan prasarana. Data-data kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini adalah (1) Gambaran akhlak tercela pada siswa kelas XI MA Nadlatus Shaufiah Wanasaba yaitu saling berolok-olok, berhianat, dusta dan egoistik. (2) Strategi guru akidah akhak dalam menanggulangi akhlak tercela yaitu melalui nasehat, pembiasaan, keteladanan dan hukuman. (3) Hambatan yang dihadapi guru akidah akhlak dalam menanggulangi akhlak tercela yaitu teman yang nakal dan susah mengontrol ketika siswa berada di luar sekolah.
Actions (login required)
![]() |
View Item |