Mashuri, Irwan (2022) Peran Kepala Madrasah dalam memobilisasi kinerja guru di Mts Manbaul Ulum Pidada Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Irwan Mashuri_.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran operasional kepala Madrasah Tsanawiyah Manbaul Ulum Pidada dalam memobilisasi kinerja guru guna meningkatkan kegiatan belajar mengajar di Madrasah Tsanawiyah Manbaul Ulum Pidada pada tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif yakni dengan mengumpulkan informasi mengenai suatu gejala yang ada atau gejala keadaan yang ada pada saat melakukan penelitian. Permasalahan yang diangkat pada skripsi ini adalah mengenai bagaimana bentuk peran kepala madrasah dalam memobilisasi kinerja guru dalam rangka meningkatkan kegiatan belajar mengajar. Penulisan ini disertakan beberapa kajian teori mulai dari teori mengenai peran, kepala madrasah. Kinerja guru dan teori tentang mobilisasi, yang nantinya bisa dijadikan sebagai bahan acuan untuk menentukan kisi-kisi instrumen yang akan dibuat. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan Verifycation (menarik kesimpulan). Untuk teknik keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) peran-peran kepala madrasah dalam memobilisasi kinerja guru adalah sebagai Edukator, Administrator, dan Inovator.(2) Hambatan-hambatan yang dihadapi adalah permasalahan kedisiplinan guru, konsistensi guru dalam kinerja, dan rasa tanggung jawab guru yang belum optimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kepala madrasah; mobilisasi; kinerja guru |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | H Nabil udin |
Date Deposited: | 27 Oct 2022 03:11 |
Last Modified: | 27 Oct 2022 03:11 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3074 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |