Mirwan, Mirwan (2022) Pola pembelajaran Nahwu dengan menggunaka kitab Al-Jami’i dalam meningkatkan kemampuan membaca santri di lembaga pendidikan El-Barqi cabang Mataram 2021/2022. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Mirwan 200406009.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

INDONESIA pendidikan merupakan aspek utama dalam usaha meningkatkan kualitas diri. Berangkat dari yang demikian, lembaga pendidikan harus mampu meningkatkan mutu pendidikan dengan mengembangkan semua aspek yang dimiliki oleh lembaga pendidikan. Seperti aspek sarana prasaran, kurikulum, menejemen dan lainnya. Disamping itu Kemampuan tenaga pendidikan juga haru ikut serta dikembangkan. Peningkatan SDM bisa melalui pendidikan dan pelatihan. Hal ini merupakan suatu keharusan karena melihat realitas yang ada. pendidikan di negara kita masih amat tertinggal dari negara lain. Untuk itu, sudah seharusnya para penyelenggara pendidikan dan para pemerhati pendidikan berupaya meningkatkan mutu pendidikan. Dengan hadirnya lembaga El-barqi ini.Selain dari aspek teori, para santri dibekali dengan aspek prkatis, dengan dilatih untuk mengajarkan nahwu dengan pengaplikasian kitab al-jami’I yang disusun langsung oleh Ust. Muhammad Hanafi. Tujuan penelitian ini adalah : (1) mengetahui bagaimana pengajaran nahwu dengan kitab al-jami’i, (2) menganalisis hambatan yang dihadapi santri ketika belajar nahwu dengan kitab al-jami’i, (3) menganalisis langkah yang dilakukan dalam meningkatkan kompetensi para guru di lembaga El- barqi Mataram serta solusinya bagaiman. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan tiga teknik, yaitu: observsi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkaan bahwa penggunaan kitab Al-jami’i selain menekankan aspek praktis juga teoritis. hal itu sangat cocok bagi santri yang ingin belajar nahwu dari dasar. Hambatan pengunaan metode ini adalah : sumber daya manusia yang kurang professional , pembelajaran yang kurang efektif, rasa malas yang dirasakan oleh santri. Sedangakan langkah dalam meningkatan kompetensi para guru dengan mengadakan pelatihan khusus, mengikuti seminar-seminar, penambahan jam mengajar. ENGLISH Education is an essential aspect of improving self-quality. As such, educational institutions must be able to improve quality education by developing all aspects, such as infrastructure, curriculum, management, and others. In addition, the ability of educational staff must also be improved. Human resource development can be done through educating and training. This is a must,given the current reality. In Indonesia, education is far behind other countries.For this reason, all taking part in education should strive to boost the quality of education through the presence of the El-Barqi institution. Apart from the theoretical aspect, students are equipped with practical aspects, being trained to teach nahwu by applying the scripture compiled directly by Muhammad Hanafi.This study aims to discover how to teach nahwuusing the scripture, analyze challenges faced by students when learning nahwu using the scripture, and analyze steps to improve the teachers' competence andsolution. This qualitative descriptive study collects data from observation, interviews, and documentation.The study indicates that the scripture emphasizesboth practical and theoretical aspects. This is appropriate to the students learningnahwu from basic. However, this method's challenges are unprofessional human resources, less effectiveness, and laziness. In addition, steps to increase teachers' competence include training, attending seminars, and adding teaching hours.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kualitas diri; kemampuan membaca; lembaga pendidikan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021409 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021499 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 04 Nov 2022 00:04
Last Modified: 04 Nov 2022 00:04
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3060

Actions (login required)

View Item View Item