Awaludin, Awaludin (2021) Analisis kemandirian belajar dalam menyelesaikan masalah matematika. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Awaludin.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
INDONESIA Kemampuan pemecahan masalah merupakan bagian dari kurikulum matematika yang sangat penting. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah kemandirian belajar. Peneliti ini bertujuan untuk menganalisis kemandirian belajar matematika siswa dalam meyelesaikan masalah matematika. Subjek penelitian berjumlah lima siswa yang terdiri dari 2 siswa yang kemandirianya sedang, 2 siswa yang kemandirian belajar rendah dan 1 siswa kemandirian belajar tinggi. Pengumpulan data dilakukan dengancara pemberian angket dan tes, melakukan wawancara terhadap informal, serta dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis data model miles dan huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data , dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan ( 1 ) subjek kemandirian belajar rendah mampu menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanya dari soal namun belum mampu menjelaskan langkah demi langkah penyelesaian yang diberikan (2)subjek kemandirian belajar sedang mampu menuliskan dan menjelaskan apa yang diketahui dan apa yang ditanya dari soal serta mampu memahami masalah dalam soal, namun belum mampu memperbaikinya.. (3) subjek kemandirian belajar tinggi mampu mendefinisiakan masalah,mampu menemukan solusi yang tepat sehingga perhitungan dan jawaban di peroleh tepat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemecahan masalah; matematika; polya; kemandirian belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | H Nabil udin |
Date Deposited: | 20 Dec 2022 17:38 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 17:38 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3059 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |